Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau tetap layanan online. Terlebih di masa pandemi Covid-19.

Menurut Kadis Dukcapil Baubau, Arif Basari, pelayanan administasi kependudukan masih berjalan lancar, baik itu secara online maupun offline. Namun pihaknya lebih menitikberatkan pada pelayanan online di masa pandemi ini.

pelayanan di Kantor Disdukcapil Baubau

“Pelayanan offline diperuntukkan bagi masyarakat yang belum memahami pengiriman berkas dalam bentuk online, atau bagi masyarakat yang belum memiliki ponsel android,” katanya.

Layanan online ini kata dia, pihaknya menyediakan nomor Whatsapp 0821 9083 7274. Masyarakat dapat mengirimkan foto kelengkapan syarat yang dibutuhkan melalui nomor kontak tersebut.

Layanan online ini dibuka setiap hari kerja mulai Senin sampai Kamis pukul 08.00 – 12.00 Wita, dan Jumat sampai jam 11.00 Wita. Meski lebih praktis, namun layanan online memerlukan waktu yang cukup lama yakni tiga hari.

“Kalau offline paling 20 menit sudah selesai,” tandasnya.

Bahkan pihaknya juga mempermudah masyarakat dalam hal pencetakkan Kartu Keluarga (KK) dan akta lahir. Masyarakat bisa cetak sendiri.

Kebijakan ini mulai berlaku 1 Juli 2020. Pembuatan KK dan akta lahir, maupun dokumen kependudukan selain KTP-el dan KIA tidak lagi menggunakan blangko lama.

“Sesuai Permendagri 102/2019, bahwa penggunaan blanko KK, akta lahir selain KTP dan KIA, sudah diprint out menggunakan kertas A4 80 gram,” katanya.

Disdukcapil Baubau hanya mengirimkan soft copy KK atau akta lahir, kemudian masyarakat bisa mencetaknya menggunakan print di rumahnya masing-masing.

Soft copynya pun dapat disimpan dan bisa diprint di mana saja, karena sudah menggunakan tanda tangan elektronik. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat, terutama di masa pandemi ini.

“Filenya dikirim melalui email, atau masyarkat bisa datang ke sini kita printkan di kertas A4,” ungkapnya. (**)

Pin It on Pinterest