Peliput: Gustam

Dr Roni Muchtar

BAUBAU, BP – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau tengah mengusulkan untuk pembangunan terminal terpadu atau terintegrasi di Kelurahan Bone-bone. Mengingat letak strategis Kelurahan Bone-bone sebagai penghubung beberapa kapal dari luar Kota Baubau.

Kepala Dishub Kota Baubau Dr Roni Muchtar menjelaskan, dengan dibangunnya terminal terpadu dan terintegrasi di Kelurahan Bone-bone, maka akan menjadi titip pusat kapal-kapal dari kabupaten sekitar Kota Baubau.

“Kita baru membuat satu usulan untuk perencanaan pengembangan terminal yang kita sebut sebagai terminal terpadu atau terintegrasi di sekitaran Kelurahan Bone bone. Kita sebut terminal terpadu karena memadukan transportasi baik laut maupun darat. Di Bone-bone itu akan menjadi pelabuhan bagi warga Buton, Busel dan Buteng,” katanya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Baubau itu menambahkan, pembangunan terminal terpadu tersebut difasilitasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Baubau. “Itu pembangunannya difasilitasi langsung oleh Pemda kota,” singkatnya.

Roni menjelaskan, usulan tersebut masih dalam tahap desain. Diperkirakan tahun depan sudah akan dilakukan pekerjaannya. “Kita sudah mengajukan usulan desainnya, untuk pekerjaannya di tahun 2018. Anggarannya saya lupa berapa,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest