Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Dinas Pariwisata Kota baubau akan bekerja sama dengan PT Pelni Cabang Kota Baubau dalam mempromosikan pariwisata bagi penumpang kapal Pelni yang transit. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Ahmad Yani ST MT, Selasa (15/02/2022).

“Bentuk kerjasamanya yaitu Promosi dalam bentuk program city tour dalam Kota Baubau untuk mengunjungi Destinasi Wisata yang ada di Kota Baubau. City tour ini sebuah perjalanan wisata dalam Kota dengan menggunakan bus,” jelas Ahmad Yani, kepada Baubau Post.

Dispar Baubau sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Pelni Cabang Baubau terkait dengan program promosi pariwisata berbentuk city tour dengan mobil bus

Ahmad Yani mengungkapkan nanti dalam pengoperasiannya akan dikenakan biaya, besaran biayanya belum ditentukan, masih akan dibahas bersama pihal PT Pelni Cabang Baubau.

“Durasi city tour yang dirancang ini sekitar 2 jam, namun dikondisikan dengan waktu labuh kapal. Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Pariwisata akan memberikan video Kota Baubau khususnya tentang obyek dan destinasi pariwisata Kota Baubau selama menikmati tour city dan juga akan diputar di kapal Pelni selama pelayaran,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan kerjasama ini, kata Ahmad Yani, sementara ini pihaknya lagi melakukan penjajakan, dan harus ada administrasi yang mesti disiapkan semisal surat permintaan kerjasama yang tentu saja dilengkapi dengan proposal dan foto-foto obyek wisata yang akan dikunjungi nantinya.

Menurut Ahmad Yani program ini merupakan sarana untuk lebih mepopulerkan Kota Baubau khususnya tempat-tempat wisata seperti benteng Wolio Keraton Buton, Batusori, air terjun Tirta Rimba, Pantai Nirwana, Bukit Wantiro, Kotamara termasuk bangunan bersejarah dan bangunan pemerintah yang ada di Kota Baubau.

baca juga: Dua Kali Lakukan Tindak Pidana, Pelaku Pembakar Empat Kenderaan di Teras Rumah Pegawai BNI Baubau Langsung Masuk Persidangan Anak

“Insha Allah secepatnya kami akan tuntaskan setelah itu kita akan berpindah pada MoU nya, karena ini juga akan sangat didukung dengan waktu labuh kapal yang ada,” tutpnya. (***)