BAUBAU, BP- Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau bakal memanjakan mata masyarakat/pengunjung Festival Masyarakat Adat (FKMA) se-Asean dengan cenderamata berupa riasan aksesoris dari bahan dasar mutiara, kuningan, hingga selempang, dan sarung adat sebagai oleh-oleh khas daerah.

” Kemarin kami sudah koordinir semua pengarajin cenderamata baik mutiara, kuningan yang ada sini. Terus selempang di sulaa dan pembuat sarung yang ada di Katobengke. Nanti kita akan pusatkan di belakang masjid Agung Keraton Buton,” ungkap Sekretaris Dinas Parawisata Kota Baubau Muhammad Abduh, Senin (18/11).

Olehnya itu, pihaknya telah menyiapkan gedung khusus sebagai tempat pameran para pelaku cenderamata yang akan menampilkan sejumlah prodaknya.

“Di situkan ada banggunanya yang kita siapkan sebagai pusat cendra mata. Nanti kita arahkan merekah memamerkan prodaknya,” terangnya.

Perlu diketahui, gedung khusus yang disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) sebagai pusat pameran cenderamata, tidak hanya diberlakukan pada momentum FKMA saja. Kegiatan itu akan berkelanjutan, tujuannya agar masyarakat khususnya wisatawan dari luar daerah juga dapat membeli cenderamata di khas Buton di Kota Baubau.

” Tidak hanya pada kegiatan FKMA saja, nantinya itu menjadi terus menerus agar bisah di kenal orang yang datang di Baubau sehingga mereka bisa membeli cenderamata yang di miliki Kota Baubau,” pungkasnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest