Peliput: Zaman Adha — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau tengah merampungkan Standar of Procedure (SOP) di tempat wisata. Hal ini untuk menjamin kesehatan dan keselamatan para pengunjung di masa New Normal.

Kadis Pariwisata Kota Baubau Ali Arham tidak memungkiri jika saat ini para pengelola pariwisata sudah membuka usahanya. Meski begitu pihaknya tetap mempersiapkan SOP protokol kesehatan.

Kadis Pariwisata Kota Baubau Ali Arham Foto Zaman Adha –BaubauPost

“Mungkin paling lambat besok (hari ini) kita layangkan, walaupun faktanya sekarang sudah membuka sendiri-sendiri, namun tentu kita harus ada acuannya,” katanya saat ditemui, Kamis (18/06).

Ali Arham sedikit menyinggung tentang aturan yang akan ditetapkan di setiap tempat wisata. Tidak jauh berbeda dari yang biasanya, pengunjung diharuskan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Silahkan mereka berusaha, namun menjalankan protokol kesehatan. Pengunjung juga tidak bisa kita larang untuk datang. Namun jangan sampai tidak beritahu dan terjadi sesuatu, pemerintah yang disalahkan,” terangnya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini masyarakat juga perlu hiburan dengan cara berkunjung ke obyek wisata, agar tidak mudah stress.

“Pantai itu ada juga bagusnya karena hawa lautnya dapat meningkatkan kesehatan,” ujarnya.

Tidak hanya obyek wisata, SOP itu akan mengatur protokol kesehatan di Tempat Hiburan Malam (THM) dan tempat kebugaran. Tidak lupa juga pihaknya akan memasang spanduk berisi imbauan Walikota Baubau “Bersama Lawan Corona”. (**)

Pin It on Pinterest