Editor: Zaman Adha

Ibnu Wahid

BAUBAU, BP – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau mendesak pelaku pariswisata untuk berkontribusi dalam mendorong sektor pariwisata lokal. Sehingga diharapkan Sapta Pesona pariwisata Kota Baubau dapat terwujud.

Sekretaris Dispar, Ibnu Wahid mengatakan, Sapta Pesona merupakan rasa aman, tertib, kebersihan, ketenangan, keindahan, dan kenangan bagi setiap wisatawan yang berkunjung di daerah. Hal ini tidak terlepas dari sektor perhotelan, agen perjalanan, atau pemandu.

“Nilai Sapta Pesona harus ditanamkan di setiap sumber daya manusia di sektor perhotelan, restoran, dan agen perjalanan, karena merupakan pelopor dalam meningkatkan pariwisata di kota ini,” kata Ibnu Wahid seperti yang dikutip dari antarasultra.com.

Lanjut Ibnu Wahid, pariwisata di Indonesia merupakan tanggung jawab semua pihak, mulai dari unsur akademisi, pelaku bisnis maupun media. Tidak hanya itu, sebagai front terdepan untuk mendukung sarana dan prasarana pariwisata, hotel, agen perjalanan, dan pemandu sangat mempengaruhi minat dan potensi setiap kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Maka profesionalisme masing-masing sumber daya manusia terkait diharapkan untuk meningkatkan indeks daya saing pariwisata daerah. Untuk mendukung sektor pariwisata, melalui Indonesian Guide Association, Pemkot Baubau juga telah menyiapkan 20 pemandu bersertifikat dan 10 pendukung wisatawan hotel,” jelasnya.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2017 sudah mencapai 400 ribu, sementara jumlah wisatawan domestik tercatat 300 ribu. Tahun depan, sektor pariwisata akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk memberikan sertifikasi kepada agen perjalanan untuk merancang paket wisata. (**)

Pin It on Pinterest