Kadis Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Kota Baubau kini punya tambahan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan). Untuk pengelolaannya dipercayakan kepada Barigade Alsintan.

Kadis Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais
Kadis Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais

Kadis Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais mengatakan, Barigade di bawah pengawasan pihaknya dapat merawat dan mengamankan Alsitan. Namun semua petani dapat meminjamnya dengan memasukkan usulan.

“Semua petani di Kota Baubau bisa meminjam alat ini, mereka tinggal memasukkan usulan peminjaman alat ke barigade,” katanya.

Alsintan tidak diserahkan langsung kepada kelompok petani, sebab jumlah Alsintan sangat terbatas. Untuk itu Alsintan diserahkan ke Barigade, agar mencegah kecemburuan sosial di antara kelompok tani lainnya.

“Kalau diserahkan ke kelompok tani, berarti kelompok itu yang miliki dan tidak mungkin dipinjamkan ke kelompok lain, sementara alatnya terbatas. Makanya semua alat-alat itu sesuai dengan petunjuk kementerian kita brigade kan,” jelasnya.

Meski dapat digunakan oleh seluruh petani, namun Alsintan akan dikenakan biaya operasional untuk perawatan, maupun biaya operator dan lainnya. Untuk besaran biayanya nanti akan dibahas bersama kelompok tani.

“Yang pasti untuk sewanya akan lebih murah dari yang umum itu, dan pasti kita akan musyawarahkan dengan para petani,” tandasnya.

Untuk diketahui, bantuan Alsitan yang baru saja diperoleh Kota Baubau dari Kementan berupa dua unit traktor dan satu unit mesin panen. Masih ada bantuan Alsintan lainnya yang tengah ditunggu realisasinya yakni traktor 10 unit, rotari 10 unit, kultivator 6 unit, dan pompa air 5 unit. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

KOMPLOTAN PERAMPOK BERSENJATA TAJAM SEMPAT MENYEKAP KORBANNYA DI BUTON UTARA DITANGKAP POLISI

HebatPolresButonUtara, Kawanan perampok bersenjata tajam berhasil diamankan Polres Buton Utara (Butur). Kawanan perampok itu sempat menyekap korbannya dalam kamar. Mereka berasal dari luar Buton Utara. Sejumlah barang bukti berupa ATM, beras, parang, obeng, dan senjata tajam jenis lainnya termasuk linggis berhasil diamankan oleh aparat kepolisian Buton Utara.@BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest