Kepala Dinas Pertanian Buton Selatan Muhammad Syafi

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Dinas Pertanian Kabupaten Buton Selatan mengusulkan pengadaan kambing bibit unggul ke Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra.

Kepala Dinas Pertanian Buton Selatan Muhammad Syafi
Kepala Dinas Pertanian Buton Selatan Muhammad Syafi

Usulan itu, mengingat pengembangbiakan ternak kambing di wilayah Kepulauan di Buton Selatan kurang baik. Hasil identifikasi kesejumlah peternak di Busel atas ternak menjadi stunting atau kurus akibat kawin sesama kambing lokal.

“Semoga kita bisa dibantu dan ada perhatian dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi, untuk bibit kambing unggul, ” ucap Kepala Dinas Pertanian Busel, Muhammad Syafir.

Kata Syafir, pengembangbiakan kambing lokal oleh peternak di Busel tidak maksimal, tingkat pertumbuhan tubuh kambing juga lamban, padahal asupan pakan cukup terjamin.

Solusinya adalah pengadaan kambing bibit unggul. Selain kambing, pihaknya juga mengusulkan ternak ayam.

BACA JUGA: Distan Busel Ditantang Siapkan 1000 Hektar Lahan Jagung

Terkait kasus untuk ternak kambing khususnya di Siompu dan Kadatua, pertumbuhannya hasil kawin kambing lokal kurang baik perkembangannya. Untuk mengubahnya dibutuhkan kambing pejantan unggul.

“Makanya kita minta kambing dari luar. Untuk pengembangan biakan kambing yang ada di Siompu, Kadatua dan beberapa kecamatan lainya,”tukasnya (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest