• Romeo Syahrir: Nanti Turun Hujan Baru Kita Distribusikan

WAKATOBI, BP – Distribusi bantuan bibit unggul pertanian untuk masyarakat Kabupaten Wakatobi belum juga tersalurkan. Hal itu karena pemberian bibit tersebut harus dikondisikan dengan anomali iklim dan cuaca.

” Sekarang belum diserahkan, karena memang di kontrak perjanjianya kita harapkan nanti turun hujan baru didistribusikan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Wakatobi Romeo Syahrir beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, pihak Distan juga belum mengetahui pasti berapa jumlah stok bibit pertanian yang akan disalurukan ke masyarakat. Sebab, program tersebut harus berjalan sesuai pagu anggaran yang telah ditetapkan. Diklaim, semua tergantung kamampuan pagu anggaran, pasalnya setiap jenis bibit memiliki HPSnya masing-masing.

” Tahun 2018 kemarin, semua sudah didistribusi pada akhir tahun. Untuk tahun 2019 itu kan nanti kita lihat apakah pertengahan bulan ini atau Desember, nanti cenderung ada hujan,” terangnya.

Selain itu, dijelaskannya pula, meski penyaluran bibit tergantung pagu anggaran namun setiap satu pohon sudah bisa diestimasi seharga Rp 3 ribu.

” Kita itu sebenarnya minta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun kadangkala bagi anggaran kita juga tidak seperti yang diinginkan. Kadang kita minta 100 juta yang ada hanya 50 juta,” tandasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest