Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani bersama Pihak PT. PLN Unit Wilayah SULSERABAR , di Makassar, bangun kesepakatan rencana percepatan pembangunan jaringan listrik di Buton Selatan

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Pulau Batuatas merupakan wilayah kepulauan terluar dari Buton Selatan dengan luas pulau sebesar 7,18 km2.

Pulau yang didiami 8.715 penduduk ini sangat membutuhkan pasokan listrik dari PLN yang memadai. Sejauh Indonesia merdeka, masyarakat hanya menikmati listrik dari pasokan dari PLTS seadanya sebagai penerang diwaktu malam, ketika pasokan energi listrik dari PLTS yang tersimpan dibaterai aki soak, maka kondisi akan kembali gelap gulita.

Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani bersama Pihak PT. PLN Unit Wilayah SULSERABAR , di Makassar, bangun kesepakatan rencana percepatan pembangunan jaringan listrik di Buton Selatan
Ditarget 2021, Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani bersama Pihak PT. PLN Unit Wilayah SULSERABAR , di Makassar, bangun kesepakatan rencana percepatan pembangunan jaringan listrik di Buton Selatan

Atas kondisi itu, Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani terus memperjuangkannya agar Kecamatan Batuatas dapat menikmati listrik PLN seperti daerah lain di Buton Selatan dengan menyambangi kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrabar di Makassar, Kamis (15/10)

Kedatangan Bupati Buton Selatan itu disambut oleh General Manager PT. PLN (persero) Unit Induk Wilayah SULSERABAR Ismail Deu bersama beberapa Asisten Manager PLN Wilayah. Sementara dari Pemkab Buton Selatan turut hadir Kabag Perekonomian dan SDA Amir Sarlito Womal, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Jafar serta Direktur PDAM Busel Thamrin Tamim.

BACA JUGA: PLN UP3 Baubau Aliri Listrik Dua Gedung Faskes di Busel

Dalam pertemuan itu, La Ode Arusani memaparkan kondisi listrik di Buton Selatan terkait dengan rencana pembangunan kawasan-kawasan strategis baru sehingga dapat terkalkulasi akan kebutuhan listrik di Kabupaten Buton Selatan. Namun secara khusus ia menekankan bagaimana percepatan pemenuhan kebutuhan listrik bagi warga pulaua Batuatas.

“Khusus Pulau Batuatas, kami minta PLN agar membantu kami mencarikan solusi agar warga Batuatas dapat segera menikmati listrik seperti masyarakat di kecamatan lain di Busel. Kami sudah siapkan genset untuk di Batuatas dan dalam waktu dekat akan diantar ke sana termasuk rumah pembangkitnya akan segera dibangun, juga minta PLN dapat membantu percepatan pembangunan jaringan distribusinya” tutur Arusani.

Menanggapi permintaan Bupati Buton tersebut, GM PT PLN (PERSERO) UIW SULSELRABAR, Ismail Deu mengungkapkan bahwa mendukung sepenuhnya rencana Pemda Busel untuk percepatan kelistrikan di Pulau Batuatas dan pihak PLN akan segera memasukan revisi RKP pembangunan jaringan distribusi di Batuatas pada tahun 2021.

” Kami sangat mengapresiasi langkah cepat Pak Bupati yang turun langsung memperjuankan aspirasi warga pulau Batuatas, dan menurut kami Pemkab Busel selangkah lebih maju, karena biasanya Pemda belum menyiapkan mesin genset sudah komunikasi dengan PLN, tapi ini di Busel Pak Bupati sudah mau bawa mesin dan mau bangun rumah pembangkit, jadi PLN akan menyesuaikan untuk percepatan pembangunan jaringan distribusinya.” ucap Ismail Deu.

Diketahui, dalam proses diskusi tersebut disepakati bahwa Pemda Buton Selatan akan segera membawa mesin genset ke Batuatas dan segera membangun rumah pembangkit sesuai standar PLN, PLN juga akan melakukan percepatan pembangunan jaringan distribusinya pada tahun 2021.

Kemitraan antara Pemda Buton Selatan dengan pihak PLN akan terus diperkuat dan Pemda Buton Selatan akan membantu memfasilitasi kerja-kerja PLN untuk melayani kelistrikan bagi warga Buton Selatan secara keseluruhan. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest