Walikota Baubau jadi inspekur upacara pada HUT Baubau ke 19

Laporan: Prasety M

BAUBAU, BP- Meski bangsa tengah dilanda pandemik Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau tetap melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-479 Kota Baubau dan hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-19 sebagai daerah otonom. Upacara yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Baubau ini diselenggarakan di pelataran kantor Wali Kota Baubau, Sabtu (17/10).

Walikota Baubau jadi inspekur upacara pada HUT Baubau ke 19
Ditengah Pandemik Covid, Pelaksanaan HUT Baubau ke-19 Berlangsung Hikmad, Walikota Baubau jadi inspekur upacara pada HUT Baubau ke 19

Upacara yang digelar dengan sederhana tersebut, hanya diikuti oleh Pasukan TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan pasukan Damkar Baubau. Meski demikian, upacara tersebut berlangsung dengan penuh Hikmad dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan percepatan penanggulangan Covid-19 yaitu Jaga Jarak, pakai Masker serta wajib cuci tangan bagi peserta dan tamu undangan.

Dalam pidatonya, Wali Kota Baubau Dr HAS Tamrin, MH mengungkapkan memperingati Hari Jadi dan HUT Kota Baubau sebagai daerah otonom adalah merupakan momentum untuk mengingat perjuangan generasi terdahulu. Pasalnya, tanpa perjuangan serta peran dari pendahulu, Baubau tidak akan mungkin bisa memperlihatkan kemajuannya seperti sekarang ini.

“Atas jasa-jasa para pendahulu yang memiliki spirit yang kuat dalam meletakkan pondasi dasar Baubau untuk kesajahteraan masyarakat seperti yang kita rasakan sekarang ini. Untuk itu kita patut berbangga terhadap mereka serta kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa-jasa mereka yang telah berjuang untuk membangun Kota Baubau”, ungkapnya, sebagaimana dirilis Kominfo Kota Baubau.

Wali Kota dua periode ini berharap, pengabdian dan hasil karya berharga dari pemimpin-pemimpin terdahulu dapat menjadi Spirit dan sumber inspirasi bagi generasi selanjutnya. Selain itu, apa yang telah dibangun oleh pemimpin-pemimpin terdahulu dapat bernilai amal ibadah dan terus dijaga serta dilestarikan oleh generasi dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut AS Tamrin mengungkapkan, dua tahun kepemimpinan Tampil Manis telah melakukan berbagai upaya. Menurutnya, upaya-upaya tersebut merupakan langkah untuk mencapai Visi Misi pembanguanan kota Baubau. Visi Misi pemerintahan Tampil Manis tersebut termuat dalam empat pilar pembangunan kota Baubau.

“Empat Pilar Pembangunan kita yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Pembangunan Sarana dan Prasarana Infrastruktur, Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Keunggulan Lokal dan Pembangunan Nilai-nilai Budaya Lokal dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan”, imbuhnya.

AS Tamrin menambahkan, tahun 2020 Baubau telah berhasil meraih beberapa penghargaan tingkat nasional. Diantaranya ialah penghargaan dari persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat yang hanya diberikan kepada 10 kepala daerah se Indonesia dalam rangka perayaan hari Pers Nasional. Selain itu, pihaknya juga telah memperoleh penghargaan dari kepala Pusat Statistik atas partisipasi dan Kooperatif pemkot serta Masyarakat Baubau dalam pendataan Sensus Penduduk Online.

“Peringatan hari Jadi Kota Baubau harus dinilai sebagai momentum perubahan dengan dampaknya bukan hanya untuk warga kota Baubau saja. Namun dapat dirasakan juga oleh penduduk daerah sekitar Baubau sesuai peranya masing-masing. Peringatan hari jadi kota Baubau bukan hanya berhitung usia fisik kota, namun menjadi sarana untuk mengukur dan menata prestasi serta menjadi pemacu semangat berkarya”, tandasnya.

AS Tamrin juga berharap, dengan momentum Hari Jadi Kota Baubau tersebut, dapat menjadi motifasi untuk membangun semangat baru. Meningkatkan produktivitas dengan aman meski dalam situasi pandemik Covid-19. Selain itu, aktivitas pemerintahan serta masyarakat harus dikembangkan untuk bergerak maju demi meningkatkan perekonomian dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Hingga saat ini kita berharap kota Baubau dapat berstatus zona hijau. Bahkan harapan kita, secepatnya Covid ini akan kembali kedunianya sehingga kita dapat beraktivitas seperti sedia kala. Agar aktivi masyarakat dapat berjalan normal seperti yang kita harapkan”, harapnya.

BACA JUGA: Baubau Dapat Penghargaan WTP ke-5 di HUT Baubau ke-19, Walikota AS Tamrin: Ini Berkat Kekompakan Kita Bersama

Ia menambahkan, untuk mewujudkan semua itu, perlu adanya kolaborasi semua pihak untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menyatukan kembali Bagian-bagian yang tersekat. Baik etnis politik asal usul, budaya dan kepercayaan dengan mendudukkan setiap persoalan dalam bingkai nilai-nilai universal PO-5.

“Yaitu Poma-masiaka, Popia-piara, Pomae-maeaka, Poangka-angkataka dan Bobinci-binciki kuli dalam pergaulan sehari-hari untuk menuju masyaraka Baubau yang Maju, Sejahtera dan Berbudaya”, pungkasnya.

Dalam upacara memperingati hari jadi Kota Baubau dan HUT kota Baubau sebagai daerah otonom tersebu, turut Hadir sebagai tamu undangan yang mewakili Gubernur Sultra Drs La Ode Mustari, M.Si., Dandrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin, Pjs Bupati Kolaka Timur La Haruna, perwakilan dari Kabupaten Buton Selatan, Buton Utara, Forkopimda, serta beberapa perwakilan instansi vertikal, termaksud rektor Unidayan dan Universitas Muhamadiyah Buton.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest