WANGI-WANGI, BP- Ribuan masyarakat Kabupaten Wakatobi berdatangan ke Tempat Wisata Air Moli Sahatu, yang bertempat di Desa Patuno Kecamatan Wangi-Wangi. Dimana, aktifitas ini bukanlah kegiatan rekreasi melainkan untuk mendapatkan air “ajaib” yang diyakini oleh masyarakat lokal mampu menangkal penuralan Virus Corona (Covid-19).

Tak hanya dipakai untuk mandi, mayoritas masyarakat yang rumahnya jauh dari lokasi Wisata Air Moli Sahatu bahkan mengambil serta menyimpan air tersebut didalam botol, jerigen 5 liter, hingga yang 25 liter.

Dilokasi, Kepala Pemuda Desa Patuno Fandri menjelaskan, kepercayaan ini bermula dari sala seorang tokok masyarakat yang bermimpi, bahwa Air Moli Sahatu mampu menangkal Virus Corona.

” Bila terjadi sesuatu, biasanya salah satu tokoh masyarakat itu bermimpi, sehingga ini cepat tersebar. Ini bukan kali pertama terjadi, namun sudah berpuluh-puluh kali. Bila akan terjadi musibah maka ia akan bermimpi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, masyarakat yang datang berkunjung ke tempat wisata ini tidak hanya berasal dari Desa Patuno dan sekitarnya, melainkan ada juga dari warga desa lain di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan (Wangsel).

” Dari subuh orang sudah datang, boleh dikata satu Wanci ke sini. Kalau mau dihitung ribuan, karen jumlah KK penduduk Patuno saja sudah berapa ratus, belum anak-anaknya,” terang Fandi, Jumat (20/03).

Selain itu, Fandri juga menjelaskan, aktifitas mandi/ambil air tersebut dinilai mujarab hanya dalam waktu 2 x 24 jam saja, sehingga pada hari-hari berikutnya tidak mujarab lagi.

” Karena memang kalo kita di Desa Patuno sudah begitu, sehingga bila ada musibah maka desa Patuno bisa terhindarkan,” tutupnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest