Peliput : Amirul

Batauga,BP-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan menargetkan tahun ini seluruh pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka) yang merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Sesuau data, kurang lebih 6000an nelayan di Busel atau 60 persen telah mendapatkan bantuan kartu Kusuka dari sasaran nelayan 11 ribuan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Buton Selatan La Kali

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Buton Selatan La Kali mengatakan sisa nelayan yang belum mendapatkan kartu kusuka akan ditarget tahun ini dapat dituntaskan.

Sampai saat ini masih terus melakukan penginputan data untuk diusulkan sebagai penerima kartu Kusuka dan berbagai premi asuransi.

Untuk nelayan yang belum mendapatkan kartu Kusuka, sebagian datanya sedang dilakukan penginputan oleh beberapa orang penyuluh yang tersebar disejumlah kecamatan.

“Petugas penyuluh perikaan masih memliki waktu yang panjang untuk menginput data masyarakat nelayan yang diusulkan sebagai penerima,” ucapnya.

BACA JUGA: Destinasi Jembatan Lingkar Lapoili Bakal Difasilitasi 19 Unit Gerobak Jualan

Ditambahkan, Kartu Kusuka berfungsi sebagai, identitas profesi pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan berbasis data, kemudian memudahkan perlindungan dan pemberdayaan, pelayanan, serta pembinaan kepada pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan juga sebagai sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Kementerian. (*)

One thought on “DKP Target Seluruh Nelayan Busel Miliki Kartu Kusuka”

Comments are closed.