Kadis DLH Konut, Muh. Aidin, S.Kep. MM

Laporan ; Hasrin Ilmi
BAUBAU,BP-Dinas Limgkungan Hidup (DLH) Konawe Utara sebut aktifitas pertambangan PT Roshini Indonesia kawasan konsesi di Desa Waturambaha, Kecamatan Lasolo Kepulauan, telah dilengkapi dokumen Analisi Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Kadis DLH Konut, Muh. Aidin, S.Kep. MM
Kadis DLH Konut, Muh. Aidin, S.Kep. MM

Demikian diungkapkan, Kadis DLH Konut, Muh. Aidin, S.Kep. MM kepada media ini via telepon selulernya jum’at (30/10/2020).

Dikatakan, semua dokumen kelengkapan terkait aktivitas pertambangan pada kawasan IUP PT. Roshini Indonesia telah diterima DLH Konut. Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera turun lapangan melakukan pengecekkan. Hal ini, terkait kapasitas atau peningkatan produksi dan perluasan IUP. Proses evaluasi sampai dengan diterbitkannya perpanjangan izin lingkungan pertambangan, hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

“Prosesnya cepat, karena hanya perpanjangan saja dan bulan November ini sudah keluar. Berbeda kalau pengurusan awal,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sebelumnya PT Roshini Indonesia telah mengajukan permohonan perpanjangan izin lingkungan sejak tahun 2019 lalu. Namun demikian, pihaknya tidak serta merta menerbitkan izin perpanjangan karena lahan tersebut masih dalam proses sengketa.

“Karena sudah ada putusan ingkrahnya, maka segera kita proses karena Perpanjangan itu akan diterbitkan setelah adanya putusan hukum yang bersifat tetap atau ingkrah,”tambahnya.

Sementara itu, Direktur PT. Dewa Napan Mineral (DNM) Safrin Laiso, selaku pengelola tunggal aktivitas pertambangan dan penjualan ore nikel diatas lahan konsesi PT. Roshini Indonesia membantah jika PT. Roshini Indonesia tidak memiliki izin lingkungan, terlebih lagi Amdal.

“Izin lingkungan itu terbit karena adanya Amdal,” jelasnya.

Safrin La Iso kepada media ini membeberkan, jika izin lingkungan PT Roshini Indonesia awal mula diterbitkan pada 30 Desember 2016, Nomor 409 Tahun 2016 trntang izin lingkungan pertambangan bijih nikel oleh PT Roshini Indonesia di Kecamatan Lasolo yang ditandatangani oleh Bupati Konut Ruksamin. Bahkan, dalam diktum kesebelas menyatakan bahwa izin lingkungan berlaku sama dengan masa berlakunya izin usaha dan/atau kegiatan.

Termasuk izin lingkungan yang dikeluarkan dari sistem OSS. Lembaga pengelola dan Penyelenggara OSS berdasarkan ketentuan pasal 32 ayat (2) Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektoronik, telah menerbitkan Izin Lingkungan hidup kepada PT. Roshini Indonesia tertanggal 22 November 2018.

“Izin lingkungan sudah ada, dan untuk proses evaluasi tentang adanya perubahan volume produksi, juga sudah diproses. Pada intinya untuk pengurusan administrasi sudah dilaksanakan, tinggal tehnik dari pihak DLH Kabupaten Konawe Utara untuk menerbitkan hasil evaluasi tersebut,” ungkap Safrin Laiso.

BACA JUGA: Usai Menang Gugatan Perdata di PN Kendari, PT Dewa Napan Mineral Kuasai Penjualan dan Pengelolan Tambang IUP PT Roshini Indonesia

Selain itu kata Safrin, DLH Konut telah mengeluarkan surat keterangan yang menjelaskan bahwa evaluasi izin lingkungan PT. Roshini Indonesia sedang dalam proses. Surat keterangan bernomor : 660.1/061 itu ditandatangani langsung oleh Kadis DLH Konut, Muh. Aidin, S.Kep. MM tertanggal 16 Oktober 2020. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest