WANGI-WANGI, BP – Tahun ini, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wakatobi bakal mengefektifkan optimalisasi pemilahan sampah Organik dan Non-organik.

Diketahui, sebelumnya sistem pelayanan yang dilakukan oleh pihak DLH hanyalah mengangkut dan membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

” Kita di tahun 2020, inginnya sampah-sampah dari rumah tangga itu terpilah, dimana sampah plastik satu tempat dan sampah organik satu tempat juga,” ungkap Kepala DLH Wakatobi Jaemuna beberapa waktu lalu.

Selain itu, Jaemuna mengakui bahwa program pemilahan sampah yang dijalankannya selama ini belum berjalan maksimal. Namun, ia berharap di tahun 2020 berjalan, program ini dapat terealisasi dengan baik.

” Memang tahun-tahun sebelumnya ini sudah agak lebih bersih dan tertib dalam pengolahannya. Namun itu akan kita tingkatkan lagi di tahun ini,” ujarnya.

Ditambahkan, Jaemuna mengimbau kepada petugas kebersihan DLH agar lebih meningkatkan sinergitas dalam bekerja guna membersihkan seluruh tumpukan sampah, khususnya di beberapa titik pemukiman kumuh untuk kemudia dibuang ke TPA. (*)

Pin It on Pinterest