Laporan: Gusar Bapal

YAYASAN Puteri Indonesia (YPI) telah menggelar Grand Final Puteri Indonesia 2022 yang ditayangkan langsung melalui SCTV, Jumat malam (27/05/20220 lalu.

Teka-teki siapa yang akan menjadi juara Puteri Indonesia 2022 pun sudah terjawab

Dari 44 finalis telah mengerucut menjadi 6 orang saja.
Adapun 6 finalis itu merupakan 6 daerah Indonesia, termasuk salah satunya peserta dari Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Arina Rezkyana Arfa.

Dokter Cantik Asal Sultra Arina Rezkyana Arfa Lolos Enam Besar Puteri Indonesia 2022

Arina Rezkyana Arfa merupakan gadis berusia 22 tahun, lahir di Kabupaten Kolaka 7 Oktober 1999 dan kini menggeluti dunia model.

Sosok cantik ini bergelar Sarjana Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas). Dikutip dari halaman Puteri Indonesia, Arina Rezkyana Arfa merupakan putri pertama dari tiga bersaudara dari pasangan dr Arfa dan Marlina Abu.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di Universitas Hasanuddin, Makassar dan menyandang gelar Sarjana Kedokteran pada tahun 2021.

aktifitas Arina hingga kini sedang menjalankan kewajibannya sebagai dokter muda.

Adapun 5 finalis lainya adalah Melanie Theresia Berentz dari Jawa Barat; Adinda Chresheilla dari Jawa Timur; Laksmi Shari De-Neefe Suardana mewakili Bali; Cindy May Mc Guire untuk DKI Jakarta 5; dan Chrissy Fransisca Olivyana Rugian untuk Banten 1.

Terpilihnya Arina Rezkyana Arfa masuk dalam 6 besar sangat dramatis. Pasalnya ia merupakan nama terakhir yang disebutkan oleh pembawa acara.

“Tinggal satu lagi, ini adalah pilihan dari masyarakat Indonesia, Sulawesi Tenggara, Arina Rezkyana Arfa,” ujar Choky Sitohang yang memandu acara Grand Final Puteri Indonesia 2022.

Untuk diketahui, Arina dkk akan berkompetisi memperebutkan gelar Puteri Indonesia serta mahkota Borobudur.

Setidaknya, ada tiga gelar utama yang diperebutkan para finalis Puteri Indonesia 2022. Juara pertama akan didaulat menjadi Puteri Indonesia 2022 dan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe.

Runner up 1 akan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022 dan maju ke Miss International.

Sementara runner up 2 akan meraih gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2022 dan jadi wakil Indonesia di Miss Supranational 2022.

baca juga: Fildan Bangga Diundang Mantan Wapres Jusuf Kalla Diacara Ultahnya yang ke 80 Tahun

Ketiganya akan mendapatkan mahkota Borobudur dengan warna yang berbeda. Untuk Puteri Indonesia 2022 akan memakai mahkota Borobudur dihiasi batu mirah yang berwarna merah.

Sementara Puteri Indonesia Lingkungan 2020 dan Puteri Indonesia Pariwisata, masing-masing memakai mahkota Borobudur berwarna hijau dan biru.

Alih-alih menyebut mahkota Borobudur karena bentuk tiara ini terinspirasi dari Candi Borobudur.(**)