Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Mengumpulan data-data terkait potensi Kota Baubau, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Baubau menggelar seminar di Hotel Mira, Senin (04/12).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau itu, dibuka resmi oleh Kepala DPM-PTSP Kota Baubau Abdul Karim, dengan pembicara Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal DPM-PTSP Kota Baubau Siti Rahma Saraswati.

Kepada segenap awak media, Abdul Karim mengungkapkan, pihaknya sengaja mengundang sejumlah SKPD terkait dalam seminar tersebut untuk dapat bertukan informasi terkait potensi Kota Baubau. Diungkapkannya pula, melalui seminar tersebut, DPM-PTSP Kota Baubau bakal membuat dokumen potensi Kota Baubau.

“Kita ingin membuat dokumen tentang potensi Kota Baubau, makanya kita sengaja libatkan semua SKPD terkait untuk dapat menyampaikan informasi potensi dan peluang usaha di Kota Baubau ini,” ungkapnya.

Abdul Karim berharap, seminar tersebut dapat berdampak positif untuk perkembangan Kota Baubau kedepannya. Dikatakannya, seminar tersebut merupakan tahap awal untuk terus mengembangkan potensi di tanah Wolio.

“Diharapkan ada output yang dapat kita buat terkait potensi di Kota Baubau ini. Dan pastinya, jika kegiatan ini berjalan bagus, maka kita akan buat kegiatan serupa kedepannya,” paparnya.

Sementara itu, Siti Rahma Saraswati dalam pemaparan meterinya menjelaskan beberapa potensi Kota Baubau, mulai dari sektor sarana transportasi, realisasi investasi, pertanian, perikanan, pariwisata dan sektor lainnya.

“Dari sektor pertanian, komoditas yang tertinggi persentasenya itu padi sawah. Kemudian di sektor perikanan juga banya yang mesti kita kembangkan, seperti budidaya perikanan, perikanan tangkap dan industri perikanan,” jelas Siti Rahma.

Siti Rahma juga menjelaskan, upaya untuk meningkatkan potensi investasi di sektor pernanian, serta beberapa data kunjungan wisatawan Kota Baubau. Dijelaskannya, pengembangan objek wisata, infrastruktur pariwisata, jasa usaha pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif merupakan beberapa sektor pariwisata yantg mesti dikembangkan.

“Potensi investasi di sektor perikanan itu bagaimana kita meningkatkan mutu hasil tangkapan, kemudian sarana dan prasarananya harus memadai serta pemanfaatan hasil perikanan sebagai bahan baku industri,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest