Peliput : Kasrun

BURANGA, BP-Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara (Butur) bekerja sama dengan Institusi Pemberdayaan Masyarakat Asli Desa (IDRAP) Sultra mengadakan lokalatih penyusunan laporan keuangan Badan Usaha milik desa (Bumdes) di Gedung Aulah Dinas Pendidikan Butur (21/10).

Kegiatan Lokalatih yang dilakukan DPMD Butur bersama IDRAP Sultra kali ini adalah gelombang yang ke empat yang dimulai dari tanggal 21-23 Oktober 2021, dan diikuti sebanyak 23 Desa yang ada di Wilayah Kabupaten Buton Utara.

Sekertaris DPMD Butur, Bahtiar SKM. M. Kes

Peserta kegiatan Lokalatih penyusunan Laporan keuangan Bumdes tersebut adalah Kepala Desa, BPD tiga orang dan pengurus Bumdes sebanyak tiga orang. Sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 161 orang.

Sekertaris Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) Buton Utara, Bahtiar mengatakan kegiatan Lokalatih penyusunan laporan keuangan Bumdes ini agar pembina, pengawas dan pengurus Bumdes bisa mengetahui tugas-tugas mereka dalam pengelolaan anggaran dana Bumdes.

“Agar mereka bisa memahami tugas mereka dalam dalam pengelolaan dana Bumdes”, Katanya.

Kata Bahtiar, Badan Usaha Milik Desa yang melakukan pengelolaan keuangan yang baik bisa menjadi tumpuan pergerakan ekonomi masyarakat desa sehingga mampu menjadi inkubator usaha-usaha masyarakat termasuk menjadi sokoguru aktifitas sektor pertanian di desa.

baca juga: Wabup Butur Lantik 80 Pejabat Pengawas

“Ketika Bumdes mampu menciptakan laba, maka ruang untuk menjadi penyedia layanan publik semakin terbuka lebar” Ungkapnya.

Sehingga dirinya berharap kepada para peserta Lokalatih penyusunan laporan keuangan Bumdes agar mereka mengikuti kegiatan itu dengan sebaik-baiknya. (***)