Peliput : Kasrun

BURANGA,BP-Sekertaris DPMD Kabupaten Buton Utara, Hazimuddin mengakui pihaknya telah turun lapangan untuk meninjau pembangunan balai desa Morindino yang diduga belum selesai fisiknya, sedangkan laporan pertanggung jawabannya sudah selesai seratus persen.

Alasan terlambatnya pembangunan Balai desa Morindino berdasarkan hasil wawancara dengan Kades Morindino, Kata Hazimuddin, disebabkan kurangnya tenaga kerja.

Sekertaris DPMD Butur, Hazimuddin Hamdan

Kebetulan pada saat itu ada Wakil Bupati Buton Utara, Ahali ditempat, sehingga sempat memberikan komentarnya kepada kades Morindino, La Tinusu.

“Kami turun liat ril kondisi lapangannya, dan itu sudah dikomentari pak wakil, kebetulan ada pak wakil waktu itu.” Katanya pada saat ditemui Awak media di Ruang Kerja Asisten I Butur, Amaluddin M, Rabu (17/03).

Menurut hasil informasi yang didapat dari Kades Morindino, kata Hazimuddin, dia (La Tinusu) masih diberi waktu sampai akhir maret 2021 untuk menyelesaikan pembangunan balai desanya. Namun dirinya tidak mengetahui siapa yang memberikan waktu kepada kades Morindino untuk menyelesaikan pembangunan kantor balai desa itu.

Pembangunan fisik dana desa kata Hazimuddin, berdasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dimulai 1 Januari sampai 31 desember. Sehingga pihaknya memerintahkan kepada para kepala desa di Buton Utara untuk menghentikan semua kegiatan pada tanggal 31 desember.

Namun Kades Morindino, La Tinusu tidak mengindahkan perintah dari pihak DPMD Butur untuk menghentikan kegiatan pembangunan fisik di desanya.

“Saya juga belum tau karena ini adalah keputusan kepala desa. Kalau kita berdasarkan peraturan yang ada dimulai 1 Januari sampai 31 desember.”ujarnya.

baca juga: Kades Morindino Diduga Palsukan Dokumen LPJ Pembangunan Balai Desa,Ridwan Zakariah Perintahkan Inspektur Audit Kades Morindino

Kepala desa Morindino, La Tinusu saat dikonfirmasi awak media ini melalui sambungan telepon selulernya, untuk dimintai keterangannya. Siapa yang memberikan waktu sampai akhir maret untuk menyelesaikan pekerjaan fisik di desanya?

Namun Kades Morindino La Tinusu tidak mau berkomentar malah mematikan ponselnya.(**)