Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Selain menyatukan semua unsur masyarakat dan pemerintah, acara Napak Tilas sendiri memiliki arti lain yang sangat bermakna bagi persatuan Buton dan Bone yaitu mengajarkan suasana kebatinan, kebersamaan yang harus kita adopsi bagi kita generasi penerus sekarang.

“Arung Palakka menyampaikan pesan kepada anak cucunya agar lebih kompak menjaga persaudaraan dan jangan sampai memelihara suatu percekcokan, ini yang harus kita adopsi,” ungkap, Dr. AS Tamrin Kepada Baubau Post, selasa (27/12).

Di jelaskan lagi bahwa melalui kegiatan Napak Tilas Perjalanan Arung Palakka ini, beliau juga memberikan apresiasi kepada Bupati Bone beserta rombongannya, yang sudah ikut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan Napak Tilas tersebut.

“Melalui kesempatan ini saya juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada saudaraku Bupati Bone dan seluruh rombongannya, yang menyempatkan hadir dalam kegiatan ini” jelasnya.

Dr As Tamrin mengharapkan acara Napak Tilas tersebut dapat merekatkan terus tali silatuhrahmi persodaraan bone dan buton, karena leluhur kita seperti Arung Palakka suda memberi kita contoh dari dahulu kalah, memberikan pesan persaudaraan dan nilai nilai luhur agar kita lanjutkan serta acara tersebut dapat menjadi agenda tahunan rutin yang akan terus berkesinambungan dan kalau bisa menjadi acara aganda nasional.

“Harapannya kita parah ahli waris bisa menerapkan nilai-nilai persaudaraan, karena para leluhur memberikan pesan dan nilai persaudaraan sejak dahulu serta acara seperti ini kita inggin menjadi agenda tahunnan, dengan meminta beberapa pihak terkait agar membantu menjadi agenda nasional,” tutupnya.(#)