Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Napak tilas Arung Palaka (Aru Palaka-red) yang sempat tertunda pelaksanaan akhir bulan Nopember lalu, akan kembalio dijadwalkan terlaksana dengan pada pekan kedua bulan Desember 2016. Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH meminta kepada semua pihak agar menyambut positif napak tilas Aru Palaka yang akan dilaksanakan di Baruga Keraton Buton itu.
Dr H AS Tamrin mengatakan sebagai tuan rumah pihaknya akan menyambut dengan baik kehadiran Pemda Bone bersama SKPD nya yang akan datang menghadiri napas tilas Aru Palaka di Kota Baubau.
“Kegiatan ini dari sisi Pemda Bone kan ingin melihat perjalanan leluhur mereka dan mencari tahu jejak leluhurnya di Tana Buton dan tentu sebagai tuan rumah kita akan sambut dengan bail. Napak tilas itu kan mencari tahu bagaimana jejak Aru Palaka di sini, dan yang paling utama napas tilas ini agar menambah hubungan persaudaraan kita dengan masyarakatr Bone,” jelas Dr HAS Tamrin, Kamis (08/12), usai memberikan beasiswa Korsel kepada 145 pelajar di Sorawolio.
Ketika rombongan Pemda Bone datang di Kota Baubau, lanjutnya, maka pihaknya berjanji suatu ketika akan melakukan kunjunga balasan ke Bone. Dr HAS Tamrin mengatakan pengunduran jadwal pelaksanaan napas tilas Aru Palaka disebabkan ketika itu tanggal 30 Nopember 2016 bertepatan dengan hari bela negara dan semua daerah memang memperigatinya.
“Jadi napas tilas juga untuk mencari jejak tgempat persemedia Aru Palaka termasuk keberadaannya di Tana Buton itu memang ada. Jadi tujuannya kita cari yang positif saja. Jangan mempertentang-tentangkan dengan yang lain. Kita tidak mencari siapa yang hebat. Termasuk mencari nilai-nilai yang sifat bisa memprkokoh persaudaraan Buton dan Bone,” tutupnya. (***)