– Pembicaranya Mantan Mentri Kelautan Era Megawati, Prof Dr Rokhmin Dahuri
Laporan: Ardi Toris
BAUBAU, BP– Pemkot Baubau melaksanakan fokus grup discussion (FGD) dengan mengangkat tema ‘Baubau Menuju Poros Maritim Dunia (PMD)” dengan menghadirkan narasumber utama Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri, Jumat (25/11), di Aula Kantor Walikota Baubau.
Acara itu dihadiri para nelayan se Kota Baubau, SKPD se Kota Baubau, para pengusaha perikanan, perwakilan mahasiswa dan lurah dan camat se Kota Baubau.
Ketua Panitia Sadidi mengatakan peserta FGD berjumkah 300 orang termasuk diantaranya adalah Dr HAS Tamrin MH.
Nara Sumber yang paling utama karena di IPB ini beliukan arsitek konsep poros maritim dunia. Memang kita perlu didengarkan beliu ini agar kita bisa diperjuangkan apa bisa Baubau ini masuk yang dilalui poros maritim atau hanya dilalui.
“Ini harus serius karena ini masih abu-abu. Kalau bicara ini memang saya masih kurang memahami, tapi beliu inikan arsiteknya sehingga ada kiat kiatnya kita bisa konek dengan pusat,” jelas Dr HAS Tamrin dalam sambutannya.
Dr HAS Tamrin menjelaskan bahwa Kota Baubau ini sejak dulu merupakan perlintasan antara Timur dan Barat. Sehingga Kota Baubau memungkinkan perputaran ekonomi itu tinggi. Termasuk hasil perikanan daerah ini sangat banyak.
“Baubau ini juga merupakan daerah hiterland dimana barang-barang yang masuk di Baubau ini didistribusikan di Buton, Busel, dan Buteng. Muna, serta Butur, ” jelas AS Tamrin
Sebelum dimulainya FGD, Walikota Baubau HAS Tamrin memberikan cendramata kepada Prof Rokhmini, sebaliknya Prof Rokhmini memberikan buku merupakan karyanya sendiri berjudul ‘Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia” kepada walikota Baubau. (***)

Pin It on Pinterest