BAUBAU, BP- Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam upaya mengusulkan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau yang dikenal dengan nama Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional dan direspon dengan baik oleh pemerintah pusat dan penetapannya diberikan oleh Presiden RI ke 7 Ir Joko Widodo.

“Terima kasih kepada Prof Susanto Zuhdi, Kementrian Sosial, doa para anggota veteran, dan khususnya kepada Gubernur Sultra H Ali Mazi yang merupakan garis keterunan langsung almarhum Sultan Himayatuddin atau juga dikenal dengan nama Lakarambau yang sudah berupaya dengan iklas dan tulus atas pengusulan tokoh Sultra menjadi Pahlawan Nasional,” ucapnya, ketika menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan di Pelataran Kantor Walikota Baubau, Minggu (10/11).
DR HAS Tamrin menceritr

Piagam gelar pahlawan nasional diberikan kepada Almarhum Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi dari Presiden RI Ir Joko Widodo Foto IST

akan bahwa dirinya mendampingi Gubernur Sultra H Ali Mazi diundang Presiden RI untuk menerima piagam pahlawan nasional yang diberikan kepada almarhum Sultan Himayatuddin.

“Yang diundang itu adalah garis keturunannya langsung dan pendamping. Jadi Pak Ali Mazi itu diundang menerima piagam itu karena beliau adalah keturunan langsung Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin. Sementara saya yang langsung mendampingi beliau,” ungkapnya.

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda, kepada yang lain yang tidak dapat saya sebutkan namanya satu persatu. Dr HAS Tamrin mengungkapkan bahwa pengusulan Sultan Himayatuddin sebagai pahlawan nasional dilakukan sejak 17 tahun lalu dan dirinya memang salah satu pemrakarsa pula.

“Kita menunggu sangat lama, 17 tahun. Memang penghargaan yang ini sangat rumit dan tidak mudah. yang lain yang sudah mengurus mungkin saat belum waktunya, tapi sekarang saya kira sudah waktunya Sultan Himayatuddin dikukuhkan sebagai pahlawan nasional. Semua saya ucapkan terimakasih,” tutupnya.

Laporan: Ardi Toris

Pin It on Pinterest