Laporan: Amat Jr

BAUBAU, BP- Hujan yang melanda Kota Baubau sejak sepekan terakhir membuat Kecamatan Bungi di Dua Kelurahan yaitu Kelurahan Liabuku dan Kelurahan Waliabuku kembali dilanda Banjir pada Sabtu (18/06/2022), sejak pukul 08.00 WITA. ‘

Ratusan hektar sawah pun menjadi rusak karena terendam banjir. Penyebabnya lagi-lagi air sungai meluap setiap kali turun hujan yang deras. Kecamatan Bungi dengan lokasi yang sama selalu mengalami banjir dalam 10 tahun terakhir.

Camat Bungi Hasrun ketika berada di lokasi Banjir

Camat Bungi Hasrun mengatakan berdasarkan laporan yang diperoleh dari kelompok tani ada sekitar 400 hektar lebih sawah yang terendam banjir kali ini.

Hasrun juga mendeskripsikan luapan air yang sudah sampai menutupi jalan poros yang menghubungkan kelurahan Waliabuku dan kelurahan Ngkaring-nkaring. Air yang meluap itu berpotensi menggangu lalu lintas karena air sudah menutupi jalan.

“Beberapa rumah warga juga terkena dampak banjir akibat hujan deras. Kami masih terus mendata dan memantau rumah-rumah warga yang terkena banjir,” ucapnya kepada media ini.

baca juga: Arie Kriting Buat Sayembara Yang Mengetahui Pelaku Pencoretan Merian di Benteng Keraton Wolio-Buton Diberi Imbalan Rp 5 Juta

Pihaknya pun terus memantau kondisi kelurahan yang saat ini terendam banjir selama hujan turun. hasrun mengatakan pihaknya terus akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPBD Kota Baubau untuk sama-sama memantau perkembangan banjir di wilayahnya. (**)