Bupati Buton La Bakry

Peliput: Gustam

PASARWAJO, BP- Siapa yang tak mengenal Oputa Yi Koo alias Sultan Himayatuddin dan Moehammad Jasin. Ya, kedua Pahlawan Nasional tersebut berasal dari tanah Buton.

Bupati Buton La Bakry
Bupati Buton La Bakry

Oputa Yi Koo dikenal sebagai pejuang tangguh, yang bergerilya dari gunung ke gunung melawan Belanda mempertahankan keutuhan wilayah Kesultanan Buton saat itu.

Sementara, Moehammad Jasin, seorang prajurit pejuang kemerdekaan yang lahir dari Tanah Buton tepatnya di Baubau. Ia dikenal sebagai pendiri Brimob.

Kedua Pahlawan Nasional tersebut namanya akan diabadikan menjadi nama jalan yang ada di Pasarwajo yang merupakan ibukota Kabupaten Buton.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Daerah (Pemda) Buton, dalam waktu dekat akan merancang revisi Peraturan Daerah (Perda) terkait nama jalan tersebut.

“Sebagai bentuk penghargaan jasa dua Pahlawan Nasional yang berasal dari Buton, insya Allah dalam waktu dekat Pemda Buton akan membuat revisi Perda tentang nama jalan,” kata Bupati Buton La Bakry.

Rencananya, terang La Bakry, dari titik nol jalan menuju Polres Buton akan dinamai Jl M Jasin. Sementara, dari Polres Buton menuju Perkantoran Takawa akan dinamai Jl Oputa Yi Koo.

baca juga: Bangun Persatuan Masyarakat Buton, La Bakry: Pererat Silaturahmi Bersama Desa-desa Tetangga

“Dari titik nol ke Kantor Polres Jln M Jasin, dan dari Polres ke Takawa Jln Oputa Yi Koo,” tandas orang nomor satu di Kabupaten Buton itu. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest