Peliput : Amirul

Batauga, BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan terus membangun infrastruktur fasilitas kesehatan di Kecamatan Siompu dan di Kecamatan Batuatas. Dalam waktu dekat dua puskesmas yang rampung terbangun 2021 lalu itu akan diresmikan.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, La Ode Budiman

“Jadi yang di Siompu itu rencananya kami sebut Puskesmas Bukit Kangka, dan di Batuatas disebut Puskesmas Batuatas Barat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, La Ode Budiman.

Upaya koordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemprov Sultra guna visitasi telah dilakukan. Hasilnya kelak akan ditindaklanjuti ke Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan nomor registrasi puskesmas supaya puskesmas tersebut langsung terdaftar di pusat.

Tujuan dibangunnya dua puskesmas tersebut sebagai upaya pemerintah daerah untuk mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat. Misalnya di Batuatas Barat ada beberapa desa jauh dari puskesmas

“Begitupula di Siompu ada beberapa desa jauh dari puskesmas,” katanya.

baca juga: Tahun ini , DKP Busel Bakal Bangun TPI di Kadatua dan Siompu

Ia menambahkan masing-masing puskesmas menelan anggaran sebesar Rp2,5 miliar. Ketika resmi beroperasi kedua puskesmas itu maka fasilitas kesehatan di Busel berjumlah 12 puskesmas.(*)

Comments are closed.