Peliput: Zul Ps Editor: Hasrin Ilmi

WANGI-WANGI,BP – Dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) yang dilakukan sebanyak 7 PAW Anggota DPRD Akhirnya dihentikan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Wakatobi berhasil menyelamatkan sebesar Rp 1,3 Milyar lebih keuangan Negara.

Dari tujuh anggota DPRD, sebanyak enam orang melakukan pengembalian dengan total Rp 1,3 milyar lebih. Untuk dikethaui dari ke 7 orang tersebut harusnya pengembalian tersebut sebanyak 1,5 Milyar lebih, sehingga masih kurang sebanyak 207 juta lebih.

-Hamrulah SH

“ Yang belum dikembalikan atas nama H Muksin (Rp 192 juta lebih-Red). Dan terdapat dua nama yang belum sepenuhnya membayar ke kas daerah, atas nama Muhammad Ali SP MSi kemudian Sutomo Hadi SSos.” Ungkap Kasi Pidsus Hamrullah pada Jumat (28/08).

Kekurangan tersebut berdasarkan hasil audit khusus yang dilakukan Inspektorat Wakatobi. Sementara itu, untuk rincian pengembalian itikad baik yang dilakukan oleh ke enam anggota DPRD tersebut adalah, Muhammad Ali SP MSi tertanggal 17 Januari 2020. Sutomo Hadi SSos MSi tertanggal 28 Januari 2020.

Selanjutnya, H Hamiruddin SE tertanggal 18 Desember 2019. Sukardi SE MSi tertanggal 7 Januari 2020. Ariati tertanggal 7 Januari 2020. Badalan tertanggal 30 Desember 2019 berdasarkan hasil setoran yang dari Bank Sultra Cabang Wakatobi.

Sementara itu, untuk lebih lanjut mengenai pengembalian yang belum tuntas dilakukan oleh Muhammad Ali dan Sutomo Hadi, serta H Muksin, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah melalui BPKD.

“ Kami sudah menyurat ke Bupati yang isi suratnya itu agar penyelesaiannya itu melalui pejabat penyelesaian kerugian daerah atau PPKD.” tandasnya.(*)

Pin It on Pinterest