Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Sejumlah organisasi Wanita Kota Baubau yang terdiri dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI), Muslimat NU, Paguyuban Jawa dan Mahasiswa KKN Universitas Haluoleo secara kompak bersama-sama melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian takjil, penyerahan THR dan pemberian santunan kepada masyarakat kurang mampu.

Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan tersebut, Jumat (30/04) menekankan akan pentingnya keikhlasan dalam bersedekah, karena sekecil apapun pemberian tersebut jika dilandasi dengan rasa keikhlasan maka akan memberikan manfaat baik untuk yang memberikan maupun yang menerima.

DWP Baubau Bersama Sejumlah Organisasi Kompak Berbagi Takjil, THR dan Santunan

“Saya sangat bersyukur dan bahagia karena kebersamaan inilah yang selalu saya harapkan. Saya berharap dengan adanya Dharma Wanita mampu merekatkan dan mempersatukan istri-istri para pegawai, baik Negeri maupun swasta, meski berbeda Visi namun bersatu dalam satu kesatuan yang utuh,” Ujar AS Tamrin.

Dikatakan, penerapan nilai PO-5 disetiap kebersamaan akan melahirkan persatuan dan kekompakan. Substansi yang mendasar dalam kehidupan sosial bermasyarakat adalah “Pobincibinciki kuli” yang merupakan Filsafat rasa, sehingga dengan dasar tersebut maka tergerak hati untuk memberikan santunan kepada sesama baik yang tidak mampu maupuan masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Pobincibinciki kuli adalah filsafat rasa, biar kita katakan bahwa kita “Pomaamaasiaka” tapi tidak dikatakan dari hati kecil itu omong kosong, maka ini harus muncul dari hati kecil kita. maka semua nila-nilai itu harus disinari dan dijiwai oleh nilai Pobincibinciki kuli,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, tak lupa orang nomor satu di Kota Baubau ini mengingatkan, agar masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih terus membayang-bayangi dan mengancam kehidupan masyarakat.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat, agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan tetap Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun serta selalu menghindari kerumunan. Semua ini kita lakukan demi kebaikan diri kita juga, apalagi akhir-akhir ini dunia kembali dihebohkan dengan munculnya Corona jenis baru,”tutupnya.

Sementara itu Ketua tiga organisasi wanita Kota Baubau yakni, DWP, BKMT dan GOPTKI Kota Baubau, Dr. Nanik Hindaryati Roni Muhtar, SE., M.Si mengungkapkan, jika kegiatan tersebut dilaksanakan secara ikhlas oleh seluruh anggota dalam memperoleh amal ibadah di bulan suci ramadhan, sekaligus memperingati Hari Kartini.

“Mudah-mudahan ini semua menjadi ladang pahala bagi seluruh dermawan yang memberikan sebagian rezekinya. Ini semua merupakan peran dari Kartini-Kartini modern dalam pembangunan, yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia, pembangunan Ekonomi, dan pembangunan Budaya,” kata Dr Nanik Hindaryati Roni Muhtar.

Dikatakan, Jumlah dana yang terkumpul pada kegiatan sosial tersebut yakni, DWP Kota Baubau sebanyak Rp 271.163.000, BKMT Rp. 27.000.000, GOPTKI Rp. 9.000.000, Paguyuban Jawa Rp. 5.000.000, Muslimah NU Rp. 13.500.000, dan Mahasiswa KKN dari Universitas Haluoleo Rp. 2.000.000.

“ Allhamdulilah dana yang terkumpul tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Semuanya adalah swadaya dari ibu-ibu kami yang menyumbang dengan suka rela tanpa paksaan. Sekali lagi, mudah-mudahan semua ini menjadi ladang pahala, karena sumbangan ini kita akan bagikan kepada 22 golongan, yang pertama kepada anak-anak, peserta didik TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB, Pondok Pesantren, dan panti asuhan, baik yang terdaftar ataupun yang tidak terdaftar,” ungkapnya.

Selain itu dana yang terkumpul tersebut juga akan diberikan kepada cleaning service, petugas kebersihan sebanyak 320 Orang, kaum dhuafa.

BACA JUGA: La Ode Ahmad Monianse : Ciptakan Pendidikan Berkualitas, Jiwai Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Ia menambahkan, dalam kegiatan sosial tersebut, pihaknya akan membagikan 34.361 ribu cup takjil di seluruh kecamatan yang ada di Kota Baubau. Pembagian Takjil tersebut dilaksanakan selama empat hari, yang dimulai sejak tanggal 30 April sampai dengan tanggal 3 Mei 2021. (*)

Pin It on Pinterest