BAUBAU, BP- Dukung Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau menyerahkan 1.238 paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Baubau, guna disalurkan kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat Covid 19, Minggu (17/05).

Tidak hanya Paket Sembako, namun DWP Kota Baubau juga memberikan masing-masing satu paket bantuan kesehatan berupa vitamin, susu, dan air mineral kepada tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baubau dan 17 Puskesmas di Kota Baubau.

Ketua DWP Kota Baubau Dr. Nanik Roni Muchtar saat di temui awak media usai penyerahan bantuan mengatakan, jika bantuan tersebut merupakan hasil donasi seluruh anggota DWP Kota Baubau dengan total donasi mencapai Rp.111.935.000, selanjutnya Donasi yang terkumpul tersebut di belanjakan sembako sebanyak 12.38 paket serta paket kesehatan tenaga medis.

Ketua Gugus Covid-19 Baubau Dr HAS Tamrin MH saat menyerahkan Donasi bantuan kepada anggota Gugus Covid-19 Muslimin Hibali

“Donasi ini kita titip ke Gugus Covid-19 untuk dilanjutkan kepada penerima sesuai amanah kelurga besar Dharma Wanita yang terdiri dari OPD Kota Baubau, Vertikal, Sekolah, Perusahaan Daerah, Kecamatan dan Kelurahan, “kata Dr. Nanik Roni Muchtar.

Dikatakan, 1.238 paket sembako itu diperuntukkan bagi warga dewasa di 43 kelurahan sebanyak 688 paket. 215 paket kepada siswa yang saat ini belajar di rumah tapi tidak punya kuota internet.

Selanjutnya, 45 paket sembako juga diperuntukan bagi anak yatim piatu di seluruh Panti asuhan, 40 paket sembako kepada warga kelurahan yang terdapat kasus positif Covid-19.

“DWP juga menyiapkan paket THR berupa sembako kepada petugas satgas Covid-19 yang tersebar di seluruh kecamatan dan paket THR kepada srikandi PO 5 dan majelis taklim kota baubau. Ini tujuannya agar mereka senantiasa mendoakan daerah yang sedang dilanda musibah bencana wabah covid-19,” terangnya.

Sekertaris Gugus Tugas Covid-19 Rd Roni Muhtar secara simbolis menyalutkan bantuan kepada salah satu siswa Kota Baubau

Lanjut ia mengatakan, jika bantuan tersebut mungkin tidak seberapa jumlahnya, namun diharapkan dengan semangat PO 5, pihaknya telah ikut membantu pemerintah khususnya warga Baubau yang terdampak secara ekonomi akibat COvid-19 saat ini.

Nanik menuturkan bantuan DWP tersebut mungkin tak seberapa, tapi paling tidak dengan semangat PO5, DWP telah ikut mengambil peran dalam rangka membantu warga membutuhkan bantuan ditengah pandemi Covid 19.

Untuk diketahui, bantuan Sembako dan paket kesehatan bagi tenaga medis secara simbolis diserah terimakan dari ketua DWP Baubau, Dr. Nanik Roni Muchtar kepada Gugus Tugas Covid 19 untuk kemudian disalurkan kepada penerima.

Sementara itu Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH dalam sambutannya mengapresiasi peran serta DWP Kota Baubau serta penerapan implementasi PO 5 melalui bantuan sembako kepada masyarakat Kota Baubau yang terdampak Covid-19. “Upaya yang ditempuh Dharma Wanita ini adalah implementasi PO 5 dan itu kesatuan yang utuh, jadi bergeraklah terus Dharma Wanita untuk kebersamaan.

Dikatakan, apa yang dilakukan oleh DWP Kota Baubau kiranya dapat pula di contoh oleh organisasi lain, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Baubau ditengah Pandemi Covid-19 saat ini. ” Covid ini semoga cepat selesai, sehingga kita bisa beraktifitas seperti sediakala, dan ini tentu dengan kerja keras kita serta kesadaran tinggi dari kita semua,” tutupnya.

Peliput: Prasetio M

Pin It on Pinterest