Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Sejumlah Organisasi Wanita Kota Baubau yang terdiri dari Dharma Wanita Persatuan (DWP), Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI), dan Muslimat NU menggelar kegiatan Sosial dengan berbagi Takjil, THR, dan Santunan. Paguyuban Jawa dan Mahasiswa KKN dari Universitas Haluoleo (UHO) turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.


Kegiatan sosial tersebut dibuka oleh Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. sekaligus melepas dengan resmi Kontingen Ramadhan 1442 Hijriyah di rumah jabatannya, Jumat (30/4/2021). Kegiatan sosial ini mengusung tema “Dengan Semangat Ramadhan, Hari Kartini, dan PO-5, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Menjadi Wanita-wanita Tangguh Indonesia.”


Ketua DWP yang juga ketua BKMT dan GOPTKI Kota Baubau Dr. Nanik Hindaryati Roni Muhtar, SE., M.Si melalui sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut selain untuk mengisi amal di Bulan Suci Ramadhan juga dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Raden Ajeng Kartini. Ia juga menyebutkan, dana dari kegiatan sosial tersebut bersumber dari swadaya pengurus DWP, BKMT, GOPTKI, Muslimat NU, Paguyuban Jawa dan Mahasiswa KKN UHO serta dari sejumlah Donatur lainnya.


“Mudah-mudahan ini semua menjadi ladang pahala bagi seluruh dermawan yang memberikan sebagian Rezekinya. Ini semua merupakan peran dari Kartini-Kartini modern dalam pembangunan, yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia, pembangunan Ekonomi, dan pembangunan Budaya,” ujarnya.


Ditambahkan, apa yang dilakukan oleh para Kartini modern tersebut merupakan wujud dari budaya Buton yaitu “Pohambahamba”. Di mana dalam budaya Pohambahmba tersebut tidak hanya dalam bentuk pemikiran namun juga dalam bentuk harta guna membantu mereka yang masih memiliki kekurangan.
“Mudah-mudahan kami para Wanita Indonesia tetap Istiqomah dalam segala ujian dan dalam segala kebahagiaan. Dalam kegiatan ini kami mengambil tema, Semang Ramadhan di Hari Kartini dan PO-5, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Menjadi Wanita Tangguh Indonesia,” imbuhnya.
Dr. Nanik H, Roni Muhtar juga menjelaskan, total dana yang terkumpul untuk kegiatan sosial tersebut sebesar Rp. 271.000.000,-. Rincian sumber dana tersebut terdiri dari, DWP Kota Baubau sebesar Rp. 217.000.000, BKMT Rp. 27.000.000, GOPTKI Rp. 9.000.000, Paguyuban Jawa Rp. 5.000.000, Muslimah NU Rp. 13.500.000, dan Mahasiswa KKN dari Universitas Haluoleo Rp. 2000.000.
“Semuanya adalah swadaya dari ibu-ibu kami yang menyumbang dengan suka rela tanpa paksaan. Sekali lagi, mudah-mudahan semua ini menjadi ladang pahala, karena sumbangan ini kita akan bagikan kepada 22 golongan. Yang pertama kepada anak-anak, kepada peserta didik dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB, Pondok Pesantren, dan Panti Asuhan, baik yang terdaftar ataupun yang tidak terdaftar,” tuturnya.
Lebih lanjut Dr. Nanik H. Roni Muhtar menuturkan, kegiatan tersebut dimulai dengan berbagi Takjil selama empat hari. Selanjutnya berbagi Berkah Ramadhan atau THR selama 3 hari kepada Cleaning Service, Tenaga Kebersihan sebanyak 320 Orang. Selain itu, juga akan disumbangkan kepada kaum Dhuafa dari organisasi-organisasi khususnya dari Majelis Taklim.
“Terima kasih untuk semua, mudah-mudahan ini semua tidak menghentikan niat ibu-ibu untuk tahun-tahun yang akan datang. Karena pada Tahun yang lalu kita berhasil mengumpulkan dana sebesar R. 117.000.00,- dan tahun ini meningkat menjadi Rp. 271.000.000. Semuanya itu karena izin Allah Subhanahu Wataala, yang telah menggerakkan hati untuk berbagi,” pungkasnya.

BACA JUGA: DWP Baubau Bersama Sejumlah Organisasi Kompak Berbagi Takjil, THR dan Santunan
Dalam kegiatan sosial tersebut, tercatat sebanyak 34 ribu cup Takjil yang akan dibagikan di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Baubau. Pembagian Takjil tersebut dilaksanakan selama empat hari, yang dimulai sejak tanggal 30 April sampai dengan tanggal 3 Mei 2021. (*)

Pin It on Pinterest