Peliput:Alyakin

PASARWAJO, BP – Masyarakat Takimpo yang menyelenggarakan Pesta Adat belum lama ini, Plt Bupati Buton, Effendi Kalimuddin SH MH, Budaya kearifan Lokal tetap selalu dilestarikan di Kabupaten Buton agar tidak hilang sehingga generasi mudah bisa belajar.

Plt Bupati Buton, Effendi Kalimuddin SH MH, berpesan kepada masyarakat Buton untuk mempertahankan dan menjaga budaya kearifan lokal sehingga bisa dikembangkan atau dipromosikan diluar daerah dengan cara mengikuti ivent-ivent nasional atau mungkin bisa masuk dalam kalender parawisata sehingga bisa menghadirkan turis dari berbagai macan Negara. Kata Effendi Kalimuddin ketika di konfirmasi Baubau Post Rabu Malam (31/11)

“Pesan saya kepada saudara-saudara dan masyarakat buton untuk terus mempertahankan budaya dan melestarikannya, karena mungkin bisa dikembangkan sebagai ivent Nasional di Kabupaten Buton serta masuk di kalender parawisata,” ucapnya

Budaya kearian lokal bisa masuk dalam Kalender Nasional, Sambungya, Ya kita promosikan keluar daerah secara Nasional sehingga turis yang ada dari berbagai Daerah akan berkungjung di Kabupaten Buton.

“Saya menginginkan budaya dipetahankan karena sebuah kearifan lokal akan memberikan kita pembelajaran yang sangat berati, Insyaallah generasi mudah buton akan menjadi generasi unggulan.,”

Selain itu, Effendi Kalimuddin SH MH memanbahkan, Atas Hasil yang diperoleh dalam setahun perlu ada rasa syukur dan ini merupakan contoh yang baik sehinga bisa dimanfaatkan generasi mudah,

Kata Takimpo, Menurutnya, kumpulan untuk bermusyawarah. Jadi musyawarah ini diperkuat dengan keluarga dan besiknya untuk memberikan contoh yang baik pada generasi mudah, sehingga budaya kearifan lokal tetap dipertahankan.

Meski Demikian, Pihaknya berharap kepada masyarakat dan genarasi muda Buton untuk terus mempertahankan budaya kearifan lokal dan terus belajar dan belajar sehingga budaya kita tidak hilang karena kalau hilang kita senidiri yang rugi, Budaya kearifan lokal ini menjadi sebuah unggulan atau kebanggan kita semua. (*)