Pewarta: Yanto Saba

KONAWE- Penumpang KM Sarijaya sebanyak 15 orang bertahan selama 4 jam dikapalnya yang tenggelam karena mengalami kebocoran pada lambung kapal. Peristiwanya terjadi sejak Selasa (05/07/2022) Pukul 05.30 WITA di perairan Pulau Saponda, Kabupaten Konawe, Provinsi Sultra.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Wahyudi mengatakan saat kapal bocor pompa alkon yang menyedot air juga mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menguras air yang masuk ke kapal hingga bodi kapal tenggelam.

“Beruntung ada kapal penumpang rute Kendari – Menui yaitu kapal KM Asmawati yang kebetulan melintas di sekitar perairan Pulau Saponda. Para nelayan pun pada akhirnya semua berhasil di evakuasi dan di bawah ke Menui, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), sekitar pukul 09.20 WITA,” ungkap Wahyudi.

baca juga: Aksi Hambur Uang Gubernur Sultra Ali Mazi, Ketua DPRD ARS, Bupati Butur RZ Dikecam Warganet

Dia menjelaskan, pihaknya baru menerima informasi KM Sarijaya tenggelam pada pukul 08.00 WITA. Sekitar pukul 08.50 WITA, KN SAR Pacitan diberangkatkan menuju lokasi kapal tenggelam untuk mengevakuasi para korban.

“Namun saat dalam perjalanan, Tim SAR menerima informasi bahwa seluruh korban telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Pulau Menui, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng),” katanya. (**)