Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Baubau dr Lukman membenarkan ada empat sekolah di Kota Baubau yang siswanya terpapar Covid-19 Kota Baubau, yaitu SMPN 2 Baubau, SDN 2 Baubau, SDN 1 Lamangga dan SMAN 4 Baubau.

Jubir GTC-19 Kota Baubau dr Lukman SpPD

dr Lukman mengatakan meskipun ada empat sekolah namun itu belum tergolong claster pelajar karena harus memenuhi syarat 1-14, artinya setelah distreching secara berturut-turut ada 14 orang yang terkonfirmasi positif corona.

“Tapi saat ini belum memenuhi syarat 1-14. sehingga belum dikatakan di Baubau ada claster pelajar. Sehingga sekolah cukup meliburkan sementara siswa yang terpapar corona untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah dan bisa juga menghentikan sementara pertemuan tatap muka khusus untuk kelas dimana sang anak belajar seperti yang terjadi di SMPN 2 Baubau,” tuturnya, Rabu (16/02/2022)

Namun ada juga sekolah yang memilih opsi untuk mengentikan pertemuan tatap muka (PTM) selama 10 hari dan memilih belajar secara daring seperti SMAN 4 Baubau, kata dr Lukman, itu bisa saja karena tidak ingin mengambil resiko.

“Kalau di Baubau ini sekarang berada pada PPKM level tiga sehingga berdasarkan kesepakatan tiga menteri pada level itu penyelnggaraan PTM di sekolah hanya diperbolehkan 50 persen saja,” tuturnya.

Terkait dengan penyemprotan desinfektan pada sekolah-sekolah yang siswanya terpapar covid-19, dr Lukman mengatakan, bisa saja melakukan pennyemprotan bila ada anggarannya. Tapi kalau tidak ada yang terpenting itu adalah selalu melap meja belajar siswa di sekolah, ada pencahayaan yang cukup, dan selalu pakai masker.

“Sambil menunggu perkembagan laporan suveilance kita dilapangan bagaimana hasil strechingnya, kami terus memantau perkembangan penyebaran covid-19 ini di sekolah yang ada di Kota Baubau. Saya menghimbau masyarakat jangan panik, tetap beraktifitas seperti biasa dengan tetap taat pada protokol kesehatan,” ucapnya.

baca juga: 140 Orang Lebih Terkonfirmasi Positif di Baubau, Jubir GTC-19 dr Lukman: Yang Dirawat di RSUD 52 Persen Belum Melakukan Vaksin

Untuk diketahui, saat ini siswa SMPN 2 yang terpapar covid-19 berjumlah tiga orang, siswa SDN 2 Baubau sementara berjumlah 1 orang, siswa SDN 1 Lamangga berjumlah 1 orang, dan SMPN 4 Baubau berjumlah 1 orang, semua tergolong orang tanpa gejala (OTG) (**)