Peliput: Alan

LABUNGKARI, BP – Tahun 2018 mendatang program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat akan mulai diproyeksikan atau dikerjakan.

Sekitar bulan Februari-Maret 2018, akan mulai disalurkan untuk merehab 542 rumah warga di 6 desa dan 2 kelurahan Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perumahan Rakyat Kabupaten Buteng, La Ode Abdul Salam saat dikonfirmasi Baubau Post pada, Senin (11/12) di Masjid Raya Nurul Huda Lakudo.

Menurutnya, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan bantuan beda rumah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat miskin dan kurang mampu agar layak dihuni dan untuk itu, pihaknya terus berupaya realisasi proyeksinya pada awal tahun 2018 kedepan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Insya Allah bantuan BSPS bulan Februari-Maret 2018, sudah bisa kerjakan,” ujar Salam.

Dijelaskan, mekanisme menerima bantuan tersebut bukan berupa uang tunai tapi berupa bahan yang akan disalurkan melalui toko bangunan yang berguna untuk mendistrubisi berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditetapkan.

“Masyarakat itu tidak menerima uang tunai hanya menerima bahan yang disalurkan oleh toko sesuai dengan tingkat kerusakannya sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB), apakah dia kategori ringan, sedang atau berat,” terangnya lagi.

Atas itu, lanjut Salam membeberkan bahwa bantuan BSPS kategori ringan hanya mendapat bantuan sebesar Rp 7,5 juta, untuk kategori sedang sebesar Rp 10 juta dan kategori berat sebesar Rp 15 juta.

“Penerima bantuan itu syaratnya harus menyediakan swadaya misalnya, penerima rela mengeluarkan untuk salah satu item perbaikan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, 542 bantuan BSPS ini rencannya hanya ada di kecamatan Mawasangka yang terdiri 6 desa yakni Desa Oengkolaki sebanyak 30 rumah, Desa Banga 79 rumah, Desa Tanailandu 100 rumah, Desa Kanapa Napa 40 rumah, Deda Dahiango 84 rumah dan Desa Air Bajo 100 rumah. Dan 2 kelurahan yakni kelurahan Mawasangka 29 rumah dan Kelurahan Watolo 80 rumah.(*)

Pin It on Pinterest