Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Rencana pelantikan H Badaruddin sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) H Laode Arusani dari partai Nasional Demokrat (Nasdem), hingga kini belum menemui kejelasan.

Ketua DPRD Busel La Usman Amsa menyatakan, proses PAW H Baharudin yang menggantikan H Arusani yang memilih bertarung di Pilkada Busel, masih menunggu SK yang harus ditandatangani oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam.

Dikatakannya, keterlambatan pelantikan disebabkan oleh beberapa berkas dokumen H Baharuddin yang belum lengkap, sehingga penandatanganan baru bisa dilakukan jika berkas-berkas tersebut telah dilengkapi.

“Kalau sudah ditandatangani pak Gub (Gubernur Sultra Nur Alam), akan segera kita jadwalkan dalam Bamus (Badan Musyawarah) untuk di lantik,” kata dia beberapa waktu lalu saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya.

Dilanjutkan, informasi yang diterimanya sejak Kamis 8 Desember 2016, menyatakan bahwa dokumen syarat PAW yang dimiliki H Badaruddin sudah ada pada meja Gubernur Sultra, dan tinggal menunggu penandatanganan serta proses administrasi lainnya oleh Pemerintah Provinsi Sultra.

“Sudah lengkap semua, tinggal menunggu penendatanganan dan nomor SK-nya,” kata dia.

Tambahnya, jika seluruh proses adamnistrasi telah tuntas dan sudah dipenuhi, DPRD Busel akan segera menjadwalkan dalam Badan Musyawarah (Bamus) untuk mengagendakan pelantikan terhadap H Badaruddin. Namun waktu pelantikan belum bisa dipastikan, hingga SK PAW tersebut dikeluarkan.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada kabar SK PAW dari Gubernur (Sultra),” pungkasnya.(*)