Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Untuk meningkatkan pengetahuan aparaturnya, Pemerintah Kota Baubau menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Sistem Informasi E-Office di Aula Kantor Walikota Baubau, Sabtu (17/12). Sekda Kota Baubau, Drs Muh Djudul MSi menilai, kegiatan ini penting karena sejak orde baru komunikasi masih bersifat manual.
Lanjut Djudul, tidak sulit dalam menerapkan E-Office di pemerintahan. Pasalnya, fasilitas yang cukup memadai sudah dimiliki, hanya pengetahuan untuk pengoperasiannya yang perlu ditingkatkan.
“Bayangkan saat orde baru, sistem komunikasi masih menggunakan SSB maupun surat, tentu akan banyak kendala yang dihadapi. Saat ini perangkat sudah kita miliki, tinggal aplikasi agar dapat terkoneksi dengan Kementerian Kominfo,” katanya.
Meski belum begitu maksimal kata Djudul, namun pada beberapa undangan kegiatan pemerintah, sudah menggunakan aplikasi yang memepermudah penyebaran informasi secara cepat.
Penerapan E-Office memilki banyak keunggulan, diantaranya penyebaran informasi lebih efisien. Untuk itu, pihaknya mengupayakan penerapan E-Office pada tahun 2017.
“Dengan diterapkannya E-Office ini, tentu penyebaran informasi lebih cepat, aman, serta hemat tenaga. Sehingga mau tidak mau, kita harus lakukan reformasi pada bidang informasi melalui E Office ini,” terang Djudul.
Mantan kepala Dinas Pariwisata ini berharap, Kota Baubau tidak ketinggalan dalam hal informasi dengan daerah-daerah lainnya di Kota Baubau.
“Untuk itu bagi peserta Bintek, dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar materi yang diberikan dapat dipahami dengan baik,” harapnya. (**)