Pewarta: Amat Jr

BAUBAU, BP– Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-58 dimeriahkan dengan acara adat Kande-Kandea yang digelar di Baruga Keraton Buton, Kota Baubau, Minggu (22 Mei 2022).

Gubernur Sultra H Ali Mazi menghadiri kegitaan kande-kandea di baruga keraton Buton di Kota Baubau

Gubernur Sultra Ali Mazi menghadiri acara tersebut bersama dengan Direktur Even Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kementerian Pariwisata Reza Fahlevi dan Pj Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse.
Dalam pesta adat Kande-Kandea tersebut disajikan 220 talang sajian. Angka “22” tersebut disesuaikan dengan tanggal pelaksanaan kegiatan.

Para pejabat lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang hadir dalam acara peringatan HUT Sultra di Baubau turut menghadiri acara ini.
Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Baubau yang telah melaksanakan acara Kande-Kandea.

Kande-Kandea atau Pakande-Kandea merupakan tradisi adat Buton atas rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang biasanya dilaksanakan setelah panen raya. Pesta adat ini telah menjadi tradisi dan budaya leluhur adat Buton. Kegiatan ini juga sekaligus menyambut perjalanan Napak Tilas Oputa Yi Koo yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Satu kesyukuran kepada pemerintah dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden yang telah mempercayakan dan menganugerahkan kepada Oputa Yi Koo selaku Pahlawan Nasional. Malam ini juga akan dibuka Napak Tilas Oputa Yi Koo dan Pameran Expo UMKM 17 kabupaten/kota selama lima hari,” kata Gubernur.

baca juga: Gubernur Ali Mazi Lantik Monianse Jadi Walikota Baubau Definitif dan Muh Yusuf Jadi Pj Bupati Buteng

Gubernur berharap, dengan adanya kegiatan Napak Tilas dan Pameran UMKM akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Baubau.***