Pewarta: Rahman

BUTON, BP-Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, MSi menghadiri pelantikan Rektor Intitut Teknologi Kelautan Buton. Pelantikan Rektyor ITK Buton oleh Gubernur Sultra tersebut dirangkaikan dengan Orientasi Pengenalan Kehidupan Kampus dan Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru (OPKK- PKMB) ITK Buton Tahun Akademik 2022/2023 yang dilaksanakan di Aula Gedung Eks. Kantor Bupati Buton, Pasarwajo, Senin 7 November 2022.


Selai Pj. Bupati Buton, turut hadir, Walikota Baubau, la Ode Ahmd Monianse, SPd, Kapolres Buton AKBP Rudy Silaen, SH. S. IK. M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, S.Pd. M.Si. Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, S.Pi, Ketua Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh, Alvin Akawijaya Putra, SH, Rektor Institut Teknologi Kelautan, Prof. Ir. H. La Sara, M.Si. PhD serta jajarannya, Forkopimda Kabupaten Buton dan Kota Baubau, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton.
Gubernur Sultra, H. Ali Mazi melantik Rektor ITK Buton, Prof. Ir. H. La Sara, MSi, PhD dan sejumlah pejabat yang kampus yang didirikan di Pasarwajo tersebut.
“Pendirian Istitut Teknologi Kelautan sangat luar biasa. Sebab begitu didirikan sudah dipimpin oleh seorang Profesor yang memiliki pengalaman yang sangat bagus dan telah menjabat berbagai macam jabatan mulai dari tingkat Regional maupun Nasional.
“Karna itu saya yakin Istitut Teknologi Kelautan (ITK) Buton ke depan adalah masa depan bangsa dan negara kita,” kata Gubernur Sultra.
Lebih lanjut, orang nomor datu di Bumi Anoa itu menyampaikan Prof. La Sara sudah sering melakukan kunjungan kerja di berbagai negara dan mempresentasikan di bank dunia bersama Bappernas bagaimana Kelautan, bagaimana Indonesia sebagai poros marintim. ITK juga memiliki gedung tempat Perkuliahan memiliki Aset. Jadi gedung perkuliahan ini bukan sekedar didirikan tetapi akan menjadi sekolah besar. Istitut besar khusunya di Kawasan Timur Indonesia, Satu-satunya Istitut Teknologi Kelautan di Kawasan Timur Indonesia hanya ada di Buton.
“Para mahasiswa ITK Buton harus bangga menjadi murid pertama dan Insya Allah akan menjadi murid kebanggaan Kawasan Timur Indonesia,. Karena Sekolah ini didirikan dan dibangun dengan konsep perencanaan yang matang dan di bantu oleh Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun kabupaten kota juga di bantu dengan Pemerintah Pusat,” kata Gubernur.
“Dalam waktu dekat Ketua Yayasan bersama Rektor akan berkunjung ke Ruktaelen Amerika untuk memberikan presentasi kuliah umum sekaligus penanda tanganan kerja sama”.
Gubernur Sultra juga menyampaikan selamat atas pelantikan Rektor dan sjumlah pejabat ITK. “Semoga bapak dan ibu dapat sukses dalam menjalankan amanah atau tanggung jawab yang diberikan, menjadikan ITK Buton sebagai Lembaga Pendidikan terkemuka dan menjadi pilar masa depan kemajuan pembangunan Sektor Kelautan dan Perikanan untuk Kemajuan Daerah, Bangsa tercinta,” katanya.
“Sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara saya menaruh harapan besar kepada Rektor dan civitas akademik ITK Buton agar mengambil peran besar mengembangkan sumber daya Kelautan dan perikanan terutama di daerah agar memberikan kontribusi besar dalam mengatasi masalah ekonomi sosial dan lingkungan khususnya di daerah ini melalui pengembangan sektor Kelautan dan perikanan, ” katanya.
Gubernur menegaskan civitas ITK Buton tidak boleh diam, harus mempunyai cita dan ambisi besar, harus mempunyai pemikiran besar, harus membangun jaringan komunikasi dan kerjasama yang luas dan efektif mempunyai pandangan jauh kedepan selalu optimis serta berani membuat terobosan baru dan bertindak rasional.
“Kita harus menciptakan image bahwa keunggulan ilmu ilmu Kelautan itu ada di Sultra. Kalau orang mau bicara Teknologi pertanian maka datanglah ke Institut Pertanian Bogor, kalau mau bicara soal Teknologi perkapalan datanglah ke Institut Teknologi Surabaya, kalau mau bicara teknik sipil datanglah ke ITB, dan apabila ingin mendalami ilmu Kelautan secara utuh datanglah ke ITK, Institut Teknologi Kelautan Buton, ” jelasnya.

baca juga: Siswa SMAN 1 Baubau Izat dan Gea Berhasil Raih Juara 1 dan 2 Bintang RRI Kendari
Pelantikan penjabat lingkup pemerintah ITK Buton yang dirangkaikan dengan Pelaksanaan OPKK- PKMB ITK Buton dari tanggal 7- 10 November 2022. Sebanyak 150 orang mahasiswa mengikuti orientasi yang dipusatkan di Eks Kantor Bupati Buton di Pasarwajo.
Nama-nama Pejabat Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton
Berikut nama nama pejabat yang dilantik pada Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton

  1. Prof. Ir. H. La Sara, M. Si, PhD, Rektor
  2. Dr. Naslina Alimina, S. Pi., M. Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK).
  3. Akhmad Mansyur, S.P.,M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Kerjasama (BAUPK)
  4. Ira, S. Kel., M. Si, Ketua Jurusan/Program Studi Akuakultur
  5. Suhaiba Djai, S. Pi., M. Si, Sekretaris Jurusan/Program Studi Akuakultur
  6. Ratna Diyah Palupi, S. T., M. Si Ketua Jurusan/Program Studi Bioteknologi
  7. Eva Muhajirah, S. Pi., M. Si, Sekretaris Jurusan/Program Studi Bioteknologi
  8. Ahmad Mustafa, S. Pi., M. Si, Ketua Jurusan/Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan
  9. Kabiruddin, S. Pi., M. Si, Sekretaris Jurusan/Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan
  10. Ira, S. Kel., M. Si, Ketua Unit Jaminan Mutu
  11. Moh, Ulya Alfarisy, S. Si., M. Si, Sekretaris Unit Jaminan Mutu
  12. Aslan Irunsyah, S. Si., M. Sc Kepala Laboratorium Dasar
  13. Zainal Maruf, S. T. Kepala UPT Laboratorium Komputer dan Sistem Informasi
  14. Sudariono, S. Pi., M. Si Kepala Perpustakaan
  15. Rizky Ayu Lestari, S. Tr. Pi. Koordinator Bagian Tata Usaha
  16. Wa Ode Mia Hasanah, S. Kom, Sub Koordinator Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
  17. Wiwid Ramadhan, S. T, Sub Koordinator Administrasi Umum, Keuangan, Kepegawaian, dan Kerjasama
  18. Wa Ode Intiyani Mangurana, S. P
    Acara Pelantikan ini dirangkaikan dengan Penyerahan/ Pemakaian Baju Almamater ITK Buton dan Penyematan Lencana.
    ITK juga menyiapkan beasiswa kepada 85 mahasiswa sebesar Rp 8.100.000 tiap orang yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan diberikan langsung oleh gubernur Sulawesi Tenggara
    Kampus ITK Buton juga mendapat bantuan CSR dari Bank Sultra sebagai kemitraan maju bersama senilai Rp. 200 juta(*)