– Rasulullah Pemimpin Nomor Wahid yang Bijaksana dan Teladan

Laporan: Ardi Toris

BAUABAU, BP– Walikota Baubau Dr HAS Tamrin menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Islamic Center, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Senin Malam (04/12)

Maulid Nabi Muhammad tahun ini mengangkat tema ‘Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Iman, Taqwa, dan Ahlaqul Karimah’. acara itu selain dihadiri para SKPD se Kota Baubau, juga dihadiri ibu-ibu majelis taklim dan juga warga Baubau serta Ketua PKK Hj Sartini Tamrin, Tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan perguruan tinggi, pengurus TPQ dan perwakilan para Imam masjid tingkat kecamatan, kelurahan, dan tingkat lingkungan, serta BKMT.

Hikma peringatan Maulid Nabi Muhammad 15 Rabiul. Awal 1439 H dibawakan oleh Dr mohammad Hasbi SH Ketua, Pengadilan Negeri Agama Kota Baubau.

Sebelum memberikan kata sambutan, Dr HAS Tamrin MH memberikan insentif kepada para Imam masjid dan pengurus TPQ secara simbolis yaitu kepada Bapak Sulaiman Jurait, La ode Sahrir Ramadan, Salim Halisu, La Nani dan Mulatno, Ibu Nurlina Pati (pengurus TPQ) dan Dakiri.

Diawal sambutannya Walikota Baubau bersahaja itu menyampaikan permohonan maaf Plt Gubernur Sultra H Saleh La Sata dan Ibu Tina Nur Alam yang sedianya akan hadir diacara maulid ini, namun karena baru tiba di Baubau setelah menempuh perjalanan jauh dari Butur, “Maka Beliau beristirahat dulu, ” ucapnya.
“Peringatan Maulid Nabi Muhammad ini agar kita dapat merenungkan kembali sisi kehidupan Nabi Muhammad dalam menghadapi masalah dan menemukan solusinya, menciptakan kehidupan yang harmonis sebagai pemimpin agama, pemimpin umat, dan pemimpin keluarga, ” kata Dr HAS Tamrin.

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada pengurus Masjid Islamic Center yang sudah mengemas kegiatan Maulid Nabi Muhammad dan bekerja sama dengan Pemkot Baubau. “Ini membuktikan bahwa pemerintah daerah selalu berada di tengah-tengah masyarakatnya khususnya umat islam, ” jelasnya.

Dr Mohammad Hasbi ketika membawakan pengantar hikma Maulid Nabi Muhammad, pertama mengajak jamaah bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan nikamat diantaranya nikmat persaudaraan dan nikmat persatuan sehingga acara maulid bisa dilaksanakan dengan baik. Kedua, nikmat sehat jasmani dan rohani.

“Kenapa Maulid ini harus diperingati, karena Baginda Nabi Muhammad SAW merupakan pemimpin dunia dimana sampai hari ini adalah pemimpin nomor satu yang belum ada tandingannya. Michael hac dalam bukunya menyusun dan menempatkan Nabi Muhammad sebagai pemimpin nomor wahid, ” ucapnya.

Kenapa disebut nomor satu?, lanjutnya, sebab baginda rasul mampu memimpin mulai dari memimpin keluarga , masyarakat, agama, dan dunia. Nabi Muhammad merubah kehidupan dunia, dari masa jahiliyah ke masa terang benderang hanya 23 tahun. Pemimpin dunia nomor wahid karena Nabi Muhammad memiliki kebijaksanaan yang luar biasa. Mau jadi pemimpin apa saja dia adalah teladan, apalagi pemimpin rumah tangga.

“Kalau di Baubau ini, ada pencanangan gerakan PO5 dan ini nilai ajarannya juga mengikuti prilaku nabi dan wajib pula diimplementasikan masyarakat, ” katanya. Muhammad Hasbi mengatakan pada zaman jahiliyah wanita tidak dihormati, datang nabi sikap buruk itu dirubah. Dia pun mencontohkan bahwa diinstansi yang dipimpinnya saat ini di Baubau ada 800 perkara rumah tangga ditangani dan 500 diantaranya kasus cerai. “Nah kasus perceraian ini merupakan kasus rumah tangga yang ambruk dan datangnya nabi salah satunya mengatasi rumah tangga yang ambruk ini, ” lanjutnya.

Dia pun menguraikan rumah tangga ada tiga modelnya, dua yang buruk dan satu yang baik. Pertama, rumah tangga gila artinya ini kepala rumah tangga kerjanya berkelahi, tapi tiap tahun potong kambing karena menambah penduduk dunia.

“Jenis kedua rumah tangga abmormal, di waktu mudanya rumah tangga ini bagus dan romantis. Tapi di masa tuanya dia jahat. Ada istilah suami STNK (sudah tua nakal kembali). Kalau yang istri ada juga sifatnya hanya ukur pendapatan suaminya. Ini contoh rumah tangga abnormal, ” lanjutnya.

Sentara ketiga adalah rumah tangga normal. Hasbi mengatakan semua rumah tangga pasti ada problem. Tapi kalau ada cekcok siang, maka malam hari sudah harus cocok kembali. Ini contoh rumah tangga yang normal. Nabi Muhammad merupakan pemimpin segala hal termasuk pemimpin rumah tangga.

“Kalau lingkungan keluarga baik, maka akan melahirkan rukun tetangga yang berkualitas, selanjutnya akan melahirkan lingkungan warga yang baik, sampai seterusnya menghasilkan bangsa yang hebat, ” tutupnya. Pembawaan hikmah Maulid Nabi Muhammad disampaikan dengan gaya humoris sehingga jamaah larut dalam suasana santai dan terhibur. (*)

Pin It on Pinterest