Bupati Buton Selatan H.La Ode Arusani saat menghadiri Pesta Adat Ma'acia Burangasi

Peliput : Amirul
BATAUGA,BP-Bupati Buton H. La Ode Arusani disela-sela tugasnya yang padat, ia menyempatkan diri menghadiri Pesta Adat Ma’acia etnis Burangasi diBaruga Wawo, Minggu (15/11)

Dalam dalam perjalanan, akses jalan menuju Baruga Wawo, belum begitu baik. Maka Bupati Busel Arusani meminta kepada OPD teknis agar akses jalan itu ditingkatkan

Bupati Buton Selatan H.La Ode Arusani saat menghadiri Pesta Adat Ma'acia Burangasi
Bupati Buton Selatan H.La Ode Arusani saat menghadiri Pesta Adat Ma’acia Burangasi

“Ini pertama kalinya menginjakkan kaki di Baruga Wawo dan akses untuk mencapai baruga ini akan ditingkatkan sehingga dapat diakses oleh kendaraan roda empat dan tempat parkir,” ucap Arusani

Terkait akses jalan menuju Baruga Topo dan rehabilitasi benteng akan menjadi perhatian pemerintah selanjutnya.

“Kami memberikan perhatian terkait budaya dan pengembangan lembaga adat di daerah berupa rehabilitasi baruga, dan penyiapan seragam perangkat adat olehnya itu terkait usulan-usulan masyaraka untuk pengembangan adat dan budaya akan menjadi prioritas untuk ditindaklanjuti oleh OPD terkait secepatnya,” tuturnya.

Sementara Camat Lapandewa La Nilo, S.Pd mewakili masyarakat etnis Burangasi menyampikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Buton Selatan pada acara Ma’acia tahun 2020.

“Acara ritual adat ini merupakan ungkapan kesyukuran kita kepada Allah atas rezeki yang kita dapatkan serta doa agar semua terhindar dari wabah Corona, Ma’acia ini mengambarkan kebersamaan dengan saling memberi satu sama lain, yang merupakan warisan dari leluhur kita,” urainya

Diketahui, acara Pesta Adat Ma’cia Burangasi dilakukan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur sebelum memulai musim panen komoditas lokal yang disebut Opaa, santa, yang mana akan dilakukan kegiatan Posambua yaitu saling tukar hasil panen antara perangkat adat dilanjutkan dengan Batata memohon rezeki dan perlindungan kehadirat Allah SWT.

Ritual Ma’acia diawali dengan Batanda oleh Para Tokoh Adat selama 8 malam di Baruga Topo dan Baruga Wawo secara bergantian dengan melakukan Tarian Cungka.

BACA JUGA: Ma’acia Burangasi Berpotensi Masuk 100 Iven Nasional

Dalam kegiatan tersebut turut hadir La Muhadi,S.Pd selaku Anggota DPRD, Asisten II La Ode Mpute, sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemda Buton Selatan, serta seju Kabag Setda menghadiri Acara Pesta Adat Ma’acia Burangasi Tahun 2020 bertempat di Baruga Wawo Desa Burangasi.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

One thought on “Hadiri Pesta Adat Ma’acia Burangasi, Arusani : Akses Jalan ke Baruga Wawo Bakal Ditingkatkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest