Dinas Perhubungan Buteng saat melakukan pemeriksaan kendaraan

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Uji kir sangat diperlukan bagi kendaraan angkutan penumpang untuk menjaga keamanan dan keselamatan supir dan penumpang. Khsusnya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), hampir seluruh kendaraan umum tidak mengantongi surat resmi operasi atau buku ujian kendaraan bermotor.

Dinas Perhubungan Buteng saat melakukan pemeriksaan kendaraan
Dinas Perhubungan Buteng saat melakukan pemeriksaan kendaraan

Kepala Dinas Perhubungan Buteng, La Ode Darmawan Hibali saat dikonfirmasi diruangannya mengatakan, untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, setiap kendaraan umum harus melakukan uji kir atau uji berkala. Dimana, uji kir ini wajib hukumnya untuk mobil berpenumpang umum, bus, dan mobil barang.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pembinaan kepada sopir, terkait kelengkapan mobil, sebab banyaknya masyarakat mengelu dengan keadaan mobil angkutan umum,” jelasnya.

Lanjutnya, hingga saat ini masih banyak mobil-mobil tua yang masi beroperasi di Buteng. Oleh sebab itu, pihaknya selalu melakukan pengecekan-pengecekan kendaraan, khsusnya pada kendaraan umum.

“Hampir seluruh kendaraan umum di Buteng, tidak memiliki uji Kir. Oleh sebab itu, hingga saat ini banyaknya pemilik kendaraan datang ke kantor untuk mengurus uji kir itu,” tuturnya.

Berdasarkan fisi misi Bupati Buteng H Samahuddin SE, terkait fasilitas transportasi, Dinas Perhubungan melakukan pembinaan, mengajak seluruh pemilik kendaraan angkutan umum hingga angkutan barang di solusi terkait tata cara dan bagaimana untuk membuat izin kir tersebut.

“Ketika transportasi umumnya sudah layak, nyaman, maka dengan harapan masyarakat dapat beralih dari transportasi pribadi menjadi transportasi umum,”

Selain akukatan darat, pihaknya juga mengecek kendaraan angkutan laut, agar masyarakat bisa lebih nyaman. Hingga kedepan, pihaknya juga akan mengurus maslah trayek, yang saat ini sementara dibuka untuk jalur rumah sakit, agar Lombe dan Tolandona bisa hidup, maka ada trayek yang akan di Buka khsusnya untuk angkutan umum. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest