– Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Universitas Muhamadiyah Buton (UM Buton) menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bekerja sama dengan DPD RI/MPR RI yang diadakan di Aula Serbaguna UM Buton Jumat (02/12). Dalam Kesempatan itu anggota DPD RI Dapil Sultra Ir Wa Ode Hamsinah Bolu, M.Sc menyempatkan hadir dan membawakan materi.
Hamsinah Bolu mengatakan Sosialisasi 4 pilar Kebangsaan ini konsepnya lahir dari keprihatinan para petinggi negara yang prihatin melihat kurangnya pemahaman masyarakat terhadap NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sudah mulai menurun. Akibatnya banyak muncul kelompok-kelompok separatis yang menyebabkan kegaduah ditengah masyarakat.
“Pengenalan dan pengamalan Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika di masyarakat itu sudah menurun. Kalau di zaman dulu begitu gencarnya program-program P4 yang dimasukan terstruktur dalam kurikulum melalui penataran dan itu sudah lama hilang, sehingga semakin marak kejadian-kejadian yang tidak,” ungkapnya, Jumat (02/12).
Hamsinah Bolu mengharapkan semua masyarakat khususnya mahasiswa, agar mampu memahami pemahaman 4 Pilar Kebangsaan, dan kedepan dapat terus merevisi cara-cara memberi pemahaman 4 Pilar Kebangsaan lebih baik lagi dimasyarakat.
“Harapannya bahwa seluruh bangsa indonesia dalam hal ini audiens di UM Buton mampu memahami 4 pilar kebangsaan. Terlebih dari itu, kami menginginkan adanya suara-suara dari bawah, kita terus merevisi bagaimana menyampaikan 4 Pilar ini dengan lebih bagus, sehingga kami mengharapkan masukan-masukan seperti tadi,” tutupnya.(#)