Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

Peliput: Gustam

PASARWAJO, BP- Memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun ini, Bupati Buton La Bakry mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat perjuangan Kepahlawanan Oputa Yi Koo.

Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo
Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

Hal itu diutarakan La Bakry dalam unggahannya di laman facebook, pada selasa (10/11). Ia ingin, generasi muda Buton mempunyai semangat seperti Pahlawan Nasional dari Buton yakni Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin.

“Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2020.
Bagi generasi Buton, mari kita warisi dalam mengisi kemerdekaan yang kita cintai ini dengan semangat kepahlawanan Oputa Yi Koo,” tulis La Bakry dalam postingannya.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton itu menjelaskan, Oputa Yi Koo dalam bergerilya dari hutan ke hutan, tetap semangat dalam memperjuangkan wilayah Kesultanan Buton.

BACA JUGA: Redam Polemik Soal Ahli Waris, AS Tamrin Sebut Ali Mazi Keturunan Sultan Himayatuddin

Segala bentuk upaya yang dilakukan Belanda untuk menguasai Buton, selalu ditentangnya. Bahkan, kata La Bakry, Oputa Yi Koo dipecat sebagai Sultan karena bertentangan dengan Belanda.

“Oputa Yi Koo berjuang dari hutan ke hutan, melancarkan perang gerilya. Bahkan beliau dipecat sebagai Sultan Buton karena bertentangan dengan upaya-upaya Belanda dalam menguasai Kesultanan Buton pada waktu itu,” tutup La Bakry. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

One thought on “Hari Pahlawan, Bupati Buton: Warisi Kemerdekaan dengan Semangat Kepahlawanan Oputa Yi Koo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest