Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Loka POM Kota Baubau melakukan pengawasan terhadap makanan dan obat-obatan dengan turun langsung ke beberapa apotek dan distributor makanan di Kota Baubau, Selasa (15/02/2022)

Kepala Loka POM Kota Baubau Ryanpery Kusuma S.Farm Apt mengatakan ada tiga apotek dan beberapa distributor makanan yang didatangi dalam rangka pengawasan terhadap penyimpanan dan pelaporan terhadap pengedaran obat-obat berlabel keras.

Pengawasan yang dilakukan Loka POMJ Baubau di salah satu gudang apotek penyimpanan obat di Kota Baubau

“Ini merupakan kegiatan rutin Loka POM Kota Baubau sebagai tindak lanjut dari Mou Yang sudah dikerjasamakan dengan Pemerintah daerah, jadi pengawan sediaan farmasi dan obat-obatan ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan,” ucapnya.

Ryanpery Kusuma mengatakan dalam pelaksanaan pengawasan ini, pihaknya menemukan masih ada kesalahan dalam pelaporan mengenai penyimpanan dan pendistribusian obat di tiga apotek yang didatangi tersebut.

“Disinilah fungsi kita sebagai Loka POM tidak hanya sekedar mengawasi tapi bagaimana setelah itu kita memberikan pembimbingan kepada baik pemilik sarana apotek maupun kepada beberapa distributor makanan agar menjalankan SOP sesuai dengan aturan yang berlaku,” tuturnya.

Pembimbingan oleh Loka POM itu dilakukan, kata Ryanpery Kusuma, agar pemilik usaha apotek tidak melakukan kesalahan yang sama dan senantiasa berkoordinasi dengan penanggungjawab apotek terkait dengan cara penyimpanan, penjualan, dan pelaporan secara adminsitrasi.

“Kegiatan rutin pengawasan ini merupakan kegiatan internal yang dilakukan Loka POM. Pihaknya sudah membentuk tim koordinasi pengawas obat dan makanan yang anggotanya terdiri dari Pemda dalam hal ini dinas kesehatan dan juga ada dari Dinas Perdagangan masing-masing daerah. Untuk kali kami baru melakukan pengawasan di Kota Baubau selanjutnya akan berpindah ke daerah lain dalam wilayak pengawasan Loka POM. Dan Kedepan juga kami akan turun bersama tim koordinasi bersama Pemda tadi,” katanya.

baca juga: Tergolong PPKM Level 3, Sekolah di Baubau Kembali Lakukan PTM Terbatas

Dia pun berharap kedepan pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait agar juga melakukan pembimbingan kepada pelaku usaha dalam bidang obat-obatan agar dalam melaksanakan tugasnya berpatokan pada aturan yang berlaku. (***)