BAUBAU, BP – Hasil Swab Tes tujuh orang keluarga dekat Pasien 01 dan 02 Kota Baubau menunjukan hasil Negatif Covid-19.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penabnganan Covid-19 dr Lukman, Sp. PD di depan awak media, Selasa (19/05) mengatakan, jika pihaknya telah menerima tujuh hasil swab keluarga dekat pasien 01 dan 02 yang seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19.

” Ini adalah suatu kesyukuran bagi kita, artinya selama melakukan karantina mandiri baik keluarga pasien 01 dan 02 berjalan dengan baik dirumahnya,” kata dr Lukman.

Dikatakan, untuk pasien 03 dan keluarganya sejak awal sudah melakukan isolasi mandiri secara ketat, sebelum pasien dipindahkan dan isolasi di RSUD Baubau. Dan untuk pasien 04 sudah dilakukan real kontak.

dr Lukman juga menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk memutus transmisi penyebaran Covid-19 yang lebih besar di Kota Baubau. Apalagi saat ini alat rapid tes tengah berada dalam perjalanan menuju ke Kota Baubau, yang memungkinkan Gugus Tugas Covid-19 melakukan rapid tes kepada kelompok yang lebih besar guna mendapatkan gambaran serta data tambahan yang lebih baik lagi.

” Mudah-mudahan dengan datangnya rapid tes kita yang berdasarkan informasi sedang berada dalam perjalanan, kita bisa melakukan pada kelompok yang lebih besar,” terangnya.

Lanjut dr Lukman mengatakan, Rapid tes direncanakan tiba di Kota Baubau berjumlah 700 dan akan digunakan kepada masyarakat Kota Baubau yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ia juga menambahkan, jika pihaknya telah melakukan swab konfirmasi kesembuhan kepada lima pasien positif Covid-19, dan berdasarkan protokol kesembuhan para pasien harus menjalani dua kali pemeriksaan Swab kesembuhan.

” Disitula permasalahannya karena bila hanya satu kali dilakukan swab dan negatif dan satunya positif, maka tetap kita ulang di dua minggu berikutnya. Jadi saya kira ini yang memperlama waktu nginap pasien di di Rumah sakit. Jadi butuh dua kali hasil Swab dan sudah kita lakukan kepada pasien 01 sampai pasien 05″ tutupnya.

Berdasarkan data persebaran Covid-19 Baubau tertanggal 19 Mei 2020 jumlah ODP sebanyak 17 orang, OTG 132 orang, PDP Dua orang dan terkonfirmasi positif Covid-19 Lima orang.

Peliput : Prasetio M

Pin It on Pinterest