Laporan : Hasrin Ilmi
BAUBAU,BP- Momentum penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kota Kendari, Provinsi Sultra, membawa rezeki bagi penenun di Kota Baubau. pasalnya, pengrajin tenun di Kota Baubau mendapat orderan Yaang cukup besar hingga mencapai 200 lembar dengan harga satuan Rp 300 ribu.

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, di kantor Wali Kota Baubau, Senin 31 Januari 2022.

Ilustrasi Sarun Tenun Buton

“Alhamdulillah dengan begitu mereka (Penenun) bisa mendapatkan hasil dari tenunan itu dan bisa meningkatkan perekonomian mereka,” ungkapnya.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Sultra sebelumnya telah meminta pihaknya untuk menyiapkan 200 lembar kain tenun. Kain-kain tenun dari karya tangan penenun asal Baubau itu bakal digunakan tamu-tamu luar daerah maupun duta-duta besar saat penyelenggaraan HPN.

“Kain-kain tenun itu kami sudah kirim,” ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Baubau sendiri menyiapkan kain-kain tenun serta produk produk UMKM Baubau untuk ditampilkan saat pameran HPN 2022. Kain tenun itu berupa tenunan dari pewarna alam maupun tenunan dari benang seperti biasanya.

Begitu pula produk produk UMKM seperti tudung saji, katapai Sula’a, keripik yang berasal dari hasil pertanian di Baubau yang sudah diolah. Kemudian produk kerajinan tangan berbahan dasar kerang mutiara dan kuningan serta aksesoris pakaian adat Buton yang biasa disebut jao jaonga.

“Tergantung OPD masing-masing, karena memang target kita adalah memperkenalkan dan mensosialisasikan bahwa kota Baubau memiliki aneka macam produk UMKM. Bahkan kita juga sudah punya tenunan pewarna alam dengan desain motif yang sudah mengalami pengembangan dan tentunya produk itu bisa bersaing dengan daerah-daerah lain,” tandas Nursanti.

baca juga: SMAN 3 Baubau Programkan Anugerah Siswa Teladan, Sitti Yuliana : “Untuk Motivasi Siswa, Setiap Bulan Beda Kategori”

Pemerintah Kota Baubau juga berencana menampilkan tarian bertemakan lingkungan pada HPN nanti.

“Tarian kita itu menyesuaikan tema Hari Pers Nasional tahun 2022, yaitu lingkungan,” tutup Nursanti Monianse. (*)

Comments are closed.