Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Mantan Bupati Wakatobi dua periode, Ir Hugua, mengatakan, Wakatobi sebagai salah satu kawasan Cagar Biosfer Bumi hendaknya menjadi rujukan pemerintahan kedepan untuk membangun. Hal itu diungkapkannya saat perayaan 8 tahun berdirinya Patuno Beach Resort, Sabtu (17/12).
Label Cagar Biosfer Bumi yang disandang Wakatobi lanjut Hugua, akan mempermudah Wakatobi dalam mengembangkan dan mempromosikan sector pariwisata. Sektor pariwisata telah menyumbang pendapatan asli daerah dari tahun ke tahun.
“Pemerintahan kedepan harus memahami bahwa Wakatobi ini kawasan Cagar Biosfer Bumi. Wakatobi akan semakin eksis karena sector pariwisata. Sektor pariwisata sejak 2011 lalu telah menyumbang PAD hingga milyaran rupiah,” ucap Hugua.
Kata Hugua, sector pariwisata telah berjalan sejak sepuluh tahun silam. Yang kemudian telah ditunjang dengan berjalannya serta terjaganya kearifan local. Tentu hal itu akan menjadi modal dan semangat baru untuk membangun daerah.
“Saya harap kearifan local di daerah ini senantiasa terjaga karena selama ini sudah berjalan. Jika kearifan local tetap terjaga maka akan menjadi spirit membangun daerah,” harapnya.
Hugua, menambahkan jika membangun Wakatobi hal utama diperhatikan yakni menata kearifan. “Membangun Wakatobi, menata kearifan sangat penting,” tutupnya. (***)