Rahmat Tuta

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Baubau ke 19 dan hari jadinya yang ke 479 disesuaikan dengan protokol kesehatan. Beberapa rangkaian kegiatan dihilangkan.

Rahmat Tuta
HUT Baubau ke-19 Digelar Tanpa Pameran EXPO, kata Wakil Ketua I Panitia HUT Baubau ke-19 Rahmat Tuta

Salah satu yang tidak digelar tahun ini yakni Baubau EXPO atau pameran pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) yang biasa digelar di Kotamara mulai tanggal 12-17 Oktober.

Wakil Ketua I Panitia HUT Kota Baubau Rahmat Tuta menjelaskan, tidak hanya Baubau EXPO, beberapa kegiatan lainnya juga dihilangkan. Sehingga tahun ini hanya dua kegiatan saja yang digelar.

“Kegiatan HUT Kota Baubau tahun ini hanya yakni upacara peringatan dan sidang paripurna di DPRD,” jelas Rahmat Tuta.

Lanjut Asisten I Setda Baubau ini, acara adat seperti Bubusiana Batuporaro dan acara adat lainnya tidak dijadikan bagian dari rangkaian HUT Kota Baubau. Jika digelar, maka dibuatkan dalam acara adat khusus.

“Hanya pelaksana adat di batupoaro saja, idak termasuk dalam rangkaian acara HUT Kota Baubau,” ujarnya.

BACA JUGA: Undangan HUT Kota Baubau ke 19 Disebar

Sementara untuk peserta upacara di Lapangan Kantor Wali Kota Baubau akan diikuti oleh 40 peserta saja. Itu pun hanya empat unsur yang mengikuti yakni TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“Jadi masing-masing 10 peserta,” sebutnya.

Pelaksanaan HUT Kota Baubau dipastikan akan digelar mengikuti protokol kesehatan. Menurut Rahmat Tuta, perencanaan anggaran kegiatan HUT Kota Baubau tahun ini, sudah disesuaikan dengan kondisi pandemi dan refokusing anggaran.

“Dalam refokusing semua anggaran yang berbau tidak terlalu penting, dihilangkan. Kemudian di perubahan anggaran, ada yang dipangkas kemudian ditetapkan kembali di perubahan anggaran ini,” pungkasnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest