Assis Zuula

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Kantor Pengawasan Resort Bungi merupakan salah satu instansi pengawasan hutan di Kota Baubau yang bertempat di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna, yang secara intens melakukan monitoring dan pengawasan hutan.

 Assis Zuula
Assis Zuula

Kepala Resort Bungi Assis Zuula saat ditemui wartawan Baubau Post, Senin (15/12), mengatakan pihaknya melakukan monitoring secara rutin dalam pengumpulan data atas hutan lindung di wilayah Kecamatan Bungi. Selain melakukan monitoring pihaknya juga menyiapkan patroli hutan.

“Kami sudah melakukan upaya dalam perlindungan terhadap hutan, baik dalam monitoring maupun patroli dan pada umumnya hutan di sini (Kota Baubau-red) dalam kondisinya terlindung,” jelasnya.

Ia mengatakan, hasil hutan yang sering diperiksa pihaknya 90 persen berasal dari hutan di Kabupaten Buton Utara (Butur) dan 10 persennya berasal dari Kapontori Kabupaten Buton. Adapun jenis kayu yang ditemukan, kebanyakan kayu kelas dua dan jarang ditemukan kayu jati dan kayu yang dilindungi.

baca juga: Pengawas Hutan di Bungi Ungkap Mobil Pengangkut Kayu dari Luar Baubau Berkurang Selama Ada Corona

“Hanya terkadang ada kekeliruan yakni jenis kayu terkadang dicampur, tapi jarang kayu yang dilindungi, kebanyakan kayu kelas dua yang merupakan kayu dari perkebunan masyarakat yang dilengkapi dengan sertifikat lahan. Pada saat dilakukan pemeriksaan kami melihat dokumen secara lengkap, dan disesuaikan dengan isi yang ada di dalam mobil dan pemeriksa,” terangnya. (#)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest