Laporan: Ardi Toris

PEMBENTUKAN Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) yang diketuai oleh dr. Jajang Edi Priyanto ini resmi mendeklarasikan diri telah mengundang banyak perhatian masyarakat.

Pasalnya, selama ini masyarakat hanya mengenal organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai organisasi profesi dokter tertinggi di Indonesia.

Anak buah dr Terawang Deklarasikan PDSI

Dengan segala kontroversi yang terjadi dalam keanggotaan IDI, pembentukan PDSI ini dianggap sebagai “tandingan” dari IDI itu sendiri. Ini Artinya organisasi IDI yang selama ini satu-satunya organisasi yang dikenal kuat akhirnya pecah juga.

Berikut tujuh fakta pembentukan dan deklarasi PDSI:

  1. Resmi Menjadi Organisasi Profesi Dokter

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dideklarasikan hari ini, Rabu (27/04/2022) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

PDSI yang resmi menjadi organisasi komunitas profesi dokter ini menjadi organisasi kedua setelah IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

  1. PDSI Memiliki Tujuan

Ketua PDSI, dr Jajang Edi Priyanto mengungkap bahwa tujuan didirikannya PDSI ini sebagai bentuk implementasi dari hak WNI yang dijamin di Pasal 28 UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berkumpul dan berserikat.

Tujuan lain PDSI adalah memberikan edukasi serta membantu para calon calon dokter muda yang terkendala biaya pendidikan, mengingat perkuliahan kedokteran menjadi salah satu pendidikan dengan biaya tertinggi di dunia, khususnya Indonesia.

Ia juga mengatakan bahwa PDSI hadir agar bisa menyemangati dan memberikan fasilitas bagi calon dokter agar bisa berkontribusi di dunia kesehatan secara maksimal.

  1. Berbeda dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

dr Jajang juga mengungkap bahwa deklarasi PDSI ini bukan untuk menyaingi IDI, namun sebagai bentuk komunitas dan perkumpulan profesi dokter lainnya. Ia juga mengatakan bahwa PDSI berbeda dengan IDI dan tidak ada sangkut pautnya selain anggotanya yang berasal dari kalangan dokter.

  1. Ajak Terawan Gabung Dirumah Baru

Selain membuka peluang bagi para mahasiswa atau dokter muda yang ingin bergabung, Jajang mengungkap bahwa pihaknya terbuka lebar soal keterlibatan dr Terawan Agus Putranto yang baru baru ini dipecat oleh IDI untuk bergabung ke PDSI.

Ia juga mengatakan bahwa mereka menerima dr Terawan jika ingin menyinggahi “rumah baru” bagi para dokter di Indonesia.

  1. Tersebar di Seluruh Indonesia

Deklarasi yang dilakukan sekaligus memperjelas bahwa anggota PDSI dapat tersebar di seluruh Indonesia meliputi 34 provinsi.

Setelah deklarasi secara pusat, dr Jajang dan jajarannya akan melantik para anggota dari daerah-daerah yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

Ia juga berharap dengan adanya PDSI ini bisa membuat [ara dokter lebih mengayomi masyarakat dan dapat terjun langsung untuk menanggulangi masalah kesehatan dibawah izin PDSI.

  1. Memiliki Misi Utama

Misi utama dari PDSI ini sendiri adalah mengayomi dokter yang bersinergi dengan masyarakat, meningkatkan taraf kesejahteraan para dokter dan masyarakat luas, serta mendorong adanya inovasi di bidang kesehatan oleh para anggota.

baca juga: Catat! Pemerintah Angkat Tenaga Honorer Kesehatan Non ASN jadi PPPK Mulai Tahun 2022

  1. Mengantongi SK Kemenkumham

Pendirian PDSI ini sudah mengantongi SK Kemenkumham dengan nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia. (***)